Take a fresh look at your lifestyle.

Nelayan Diajari Mahasiswa Jualan Online

145

SURADADI – Nelayan di Desa Suradadi, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal dikenalkan dengan teknologi berjualan secara online dalam memasarkan produknya.kelompok usaha binaan dilatih berjualan ikan siap saji secara online. Nelayan yang tergabung dalam kelompok usaha binaan itu, akan dilatih para mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) dari UPS Tegal.

“Ini merupakan program KKN kami selama 1,5 bulan ke depan. Kami memberikan tambahan pengetahuan dan ketrampilan kepada kelompok usaha binaan di Desa Suradadi,” kata Dosen Pembimbing Lapangan KKN PPM Desa Suradadi, Sri Mulyani, di Balai Desa Suradadi, kemarin.

Dia mengungkapkan, pelatihan itu antara lain, mengolah hasil perikanan menjadi bentuk olahan yang variatif, cepat saji, higienis dan sehat dikonsumsi. Termasuk juga memberikan sosialisasi tentang usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), perizinan industri rumah tangga (P-IRT), branding produk, dan pemasaran secara online.

“Kelompok usaha binaan ini terdiri dari 15 orang. Mereka dibekali materi tentang berjualan secara online dan konvensional,” ujarnya.

Kepala Desa Suradadi, Slamet Riyono, mengaku senang warganya mendapat pelatihan itu. Diharapkan, ilmu itu bisa diimplementasikan supaya perekonomian di Desa Suradadi meningkat.

“Semoga ilmu ini bermanfaat untuk warga kami,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu peserta kelompok usaha binaan, Nia (30) mengaku senang mendapatkan ilmu tersebut. Dia bisa tahu tentang pemasaran secara online dan cara mengolah ikan dengan baik. Selama ini, dia hanya berjualan secara tradisional. “Paling jualan di pasar ikan atau di tengkulak,” pungkasnya. (Wiwit/red64)

BERITA LAINNYA