Take a fresh look at your lifestyle.

Nanas Madu Dipatenkan sebagai Produk Unggulan Pemalang

112

PEMALANG.SMpantura.com – Nanas madu terus diupayakan untuk dipatenkan sebagai nanas produk unggulan Kabupaten Pemalang. Upaya dilakukan melalui pengajuan indikasi geografis (asal-usul) nanas madu Pemalang.

Langkah awal untuk mencapai hal tersebut dilakukan sosialisasi persiapan pengajuan indikasi geografis nanas madu Pemalang dengan menghadirkan nara sumber Kepala Seksi Pemantauan dan Pengawasan Indikasi Geografis, Idris dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di pendopo Kabupaten Pemalang, baru-baru ini.

Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo kepada peserta sosialisasi yang terdiri atas organisasi perangkat daerah (OPD), kepala desa dan kelompok tani nanas madu berpesan agar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh – sungguh.”Cermati dengan seksama setiap materi yang diberikan,” kata Bupati Pemalang

Pemasayarakatan indikasi geografis ini bertujuan agar kedepannya nanas madu Pemalang dapat memperoleh pengakuan sebagai produk unggulan yang menjadi ciri khas dari Kabupaten Pemalang.

“Dengan diakuinya nanas madu Pemalang sebagai produk indikasi geografis dari Kabupaten Pemalang, maka tidak semua pihak dapat menggunakan nama tersebut dengan bebas,” ujar Agung.

 

Menurut Bupati akan terdapat perlindungan hukum yang mengikat didalamnya yang akan melindungi produk tersebut dari pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Perlindungan tersebut akan mencegah penggunaan produk untuk menipu atau mendapatkan keuntungan dengan merugikan pihak-pihak lain.

 

Kemudian dengan diakuinya nanas madu sebagai produk unggulan khas Kabupaten Pemalang maka dapat mengangkat nama daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.(P11-red)

BERITA LAINNYA