Take a fresh look at your lifestyle.

Nama Wabup dan Sekda Brebes Dicatut Untuk Aksi Penipuan

- Bermodus Bantuan Dana Masjid

133

BREBES, smpantura.com – Nama Wakil Bupati Brebes Narjo, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Brebes Djoko Gunawan, dicatut untuk aksi penipuan bermodus bantuan dana masjid. Modus penipuan dengan mencatut nama pejabat Pemkab Brebes itu, muncul di Desa Cikandang, Kecamatan Kersana, Kabupaten Brebes, Kamis (22/4). 

Modus penipuan itu nyaris memakan korban Pengurus Musala Al-Firdaus, Desa Cikandang, Kecamatan Kersana. Aksi penipuan dilakukan melalui pesan Whatsapp. Dalam aksinya, Pelaku mengaku akan mentransfer dana Rp 10 juta untuk bantuan rehab musala tersebut. Namun pelaku berdalih ada kelebihan transfer senilai Rp 4 juta, dan minta untuk dikembalikan. Alasannya, dana lebihan itu seharusnya ditransfer ke salah satu pondok pesantren di Brebes.

Pengurus Musala Al – Firdaus, Tarzani (42) selaku bendahara musala menjelaskan, dirinya mendapatkan pesan whatsapp pada Rabu, (21/04). Orang yang mengaku sebagai Wakil Bupati Brebes itu, kemudian mengalihkan mengaku sebagai Sekda Brebes. Pelaku berdalih akan memberikan bantuan untuk rehab musholah tersebut. “Saya tidak percaya begitu saja, bahkan sempat berkordinasi dengan Kepala Desa Cikandang untuk meyakinkan bahwa pesan whatsapp ini benar dari Wakil Bupati dan Sekda Brebes. Namun setelah dikroscek ternyata bukan beliau,” ujarnya.

Tarzani lebih lanjut mengatakan, pihaknya bahkan sempat menuju ATM untuk mengecek sumber dana yang di maksud. Namun saat dicek dana yang dijanjikan sama sekali tidak masuk. “Saya hampir percaya, karena pelaku mengirim bukti transfer dari salah satu bank swasta. Beruntung saya tidak jadi transfer sejumlah uang ke pelaku,” tuturnya.

Sementara itu, Sekda Brebes Djoko Gunawan saat dikonfirmasi menjelaskan, modus itu merupakan penipuan, dan warga yang menerima diminta tidak mempercayainya. Kalau pun ada penyaluran dana bantuan, tentunya harus melalui prosedur yang berlaku. “Saya meminta untuk seluruh pengurus masjid dan musala yang ada di Brebes untuk tidak mempercayai terkait bantuan yang melalui pesan WA ini. Jika ada hal serupa silahkan menghubungi saya langsung,” tandasnya.

Dia menambahkan, untuk mengantisipasi hal serupa terjadi kembali, Pemkab Brebes akan membuatkan surat edaran kepada masing masing Camat yang diteruskan ke kepala desa. Harapannya supaya disosialisasikan ke pengurus masjid dan musala yang ada di desa. Pihaknya juga mengimbau seluruh pengurus masjid dan musala di Brebes untuk lebih berhati hati.

“Terlebih di situasi yang sulit seperti ini, banyak oknum yang memanfaatkan untuk mendapatkan sesuatu,” pungkasnya.

(T07-red) 

BERITA LAINNYA