Take a fresh look at your lifestyle.

Nahkoda KM Anugrah Jaya Hilang di Laut Tegal

145

TEGAL – Salah seorang nahkoda kapal pencari ikan, KM Anugrah Jaya, Jaeni Iswanto (39) hilang di perairan utara Kota Tegal, Rabu (10/3) kemarin. Warga Jalan Brawijaya, Gang Muara 19, RT 02/ RW 2 itu diduga hilang tercebur ke laut saat berlayar bersama tiga anak buah kapal (ABK) lainnya.

Ketua DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Tegal, H Riswanto membenarkan kejadian tersebut. Menurut dia, kabar hilangnya nahkoda KM Anugrah Jaya, dilaporkan salah satu nahkoda kapal lain yang berpapasan saat akan kembali ke pelabuhan.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, KM Anugrah Jaya berputar di titik poin 29
atau Lintang 6 109. Saat dihampiri, tiga ABK yang berada di atas kapal mengaku sedang mencari nahkodanya yang diduga tercebur saat akan mencari ikan.

“Saat akan sampai di lokasi penangkapan ikan, tiga ABK kaget mendapati nahkoda mereka tidak berada di tempatnya. Hilangnya nahkoda dilaporkan pada Rabu (10/3) sekira pukul 11.00 WIB. Berita itu kami terima dari nahkoda kapal lain yang berpapasan pada Rabu pukul 18.00 WIB,” kata Riswanto.

Adapun ketiga ABK tersebut yakni, Edo, Safi’i dan Dedi yang merupakan warga Desa Pesantunan, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes. Ketiganya bersama dua kapal nelayan lain ikut melakukan pencarian bersama Tim SAR gabungan pada Kamis (11/3) siang.

Dikemukakan Riswanto, pencarian korban dilakukan Tim SAR gabungan, dengan mengerahkan tiga Kapal Patroli dari Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal Tegal), Polairud Polres Tegal Kota dan Polda Jateng, serta Kapal Patroli KSOP Tegal.

Proses pencarian dilakukan dengan menyisir pada titik poin 29 atau lintang 6 109. Diketahui, KM Anugrah Jaya berangkat melaut pada Senin (7/3) dari Sungai Muarareja ke utara selama kurang lebih tig jam.

“Kita fokuskan mencari di sekitar jatuhnya korban. Jika belum membuahkan hasil, kita perluas lokasi penyisiran,” tutupnya. (*)

BERITA LAINNYA