Take a fresh look at your lifestyle.

Nadya Shafira UPS Tegal Raih IPK 3,95

163

* Fakultas Teknik  Lepas 77 Calon Wisudawan

TEGAL – Seorang calon wisudawati dari Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT)Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, Nadya Shafira Salsabila meraih nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,95. Raihan nilai itu membuat namanya bakal tercantum sebagai wisudawan terbaik di tingkat universitas.

Hal itu terungkap saat fakultas teknik perguruan tinggi tersebut, menggelar pelepasan 77 calon wisudawan dari berbagai jenjang pendidikan dan prodi, di Auditorium Daryoen Senoatmodjo, Selasa (10/9).

Perinciannya, dari Prodi Teknik Mesin D3 12 calon wisudawan, Prodi Teknik Industri S1 sebanyak 19 calon wisudawan, Prodi Teknik Mesin S1 sebanyak 42 calon wisudawan, dan satu orang calon wisudawan dari Prodi Teknik Sipil S1.

”Nadya hampir meraih nilai sempurna, summa cumlaude. Ini menunjukkan prestasi belajarnya cukup mengagumkan. Selamat kami ucapkan kepada Nadya dan calon wisudawan lainnya. Teruslah bersemangat mencari ilmu setinggi-tingginya, berperan aktif terhadap pembangungan bangsa dan negara ini,” terang Dekan FT UPS Tegal Dr Agus Wibowo MT.

Nadya berhasil meraih IPK cukup tinggi, dengan judul skripsi “Optimalisasi Waktu dan Biaya Proyek dengan Metode Crash Program”, dan lama studi selama empat tahun.Calon wisudawan dari prodi lainnya di fakultas itu juga masuk jajaran peraih nilai akademik cukup tinggi dan termasuk lulusan terbaik.

Mereka adalah dari Prodi Teknik Mesin S1, Fifi Fauziyah Yasmin dengan IPK 3,36. Judul skripsi, “Analisis Kecepatan Motor Stepper pada Mesin CNC Mini Plotter 2 Axis Tinta dan Laser Berbasis Microcontroler”.

Dari prodi Teknik Industri S1, Inayatu Amanah IPK 3.84, judul skripsi “Rancangan Bangun Kompor Briket Portable dengan Sensor Suku Berbasis Arduino dengan Metode Kansei Engineering”.

Power Windows

Lulusan terbaik dari Prodi Teknik Mesin D3 atas nama Nurifani Is Septiawan dengan IPK 3,41. Judul skripsi “Sistem Kelistrikan Power Windows pada Mobil KIA Visto”.

Menurut Dr Agus Wibowo MT, judul skripsi dari para lulusan terbaik sejumlah prodinya di tahun ini, dinilai cukup bagus. Khususnya berkait dengan pengembangan program yang belum ada, maupun inovasi dari penelitian terdahulu.

Agus juga mengungkapkan, fakultasnya mendapatkan dana sebesar Rp 27 Juta melalui program hibah PHDB. “Ini cukup membanggakan. Karena mahasiswa fakultas kami dapat bersaing dengan mahasiswa dari seluruh Indonesia, dan akhirnya berhasil mendapatkan pendanaan. Dari ratusan perguruan tinggi, hanya 70 perguruan tinggi yang mendapatkan pendanaan tersebut di seluruh Indonesia,” terang Agus Wibowo.

Hal menarik lainnya yang diungkapkan dalam kesempatan itu, mahasiswanya ternyata mampu membuat mesin CNC. Sejauh pemantauannya, tak semua perguruan tinggi mampu membuat mesin tersebut.

Berkait semangat belajar dan prestasi yang diraih mahasiswa fakyultas itu, Rektor UPS Tegal Dr Burhan Eko Purwanto MHum berharap, calon wisudawan agar dapat menghadapi tantangan di Era Industri 4.0. ”Semoga ilmu yang telah dipelajari dapat berguna, dan bermanfaat bagi masayarakat luas,” ucap Rektor.

Pelepasan calon wisudawan fakultas itu, juga diisi orasi ilmiah dari dosen senior FT Mustaqim MT. Dia memaparkan tema, “Berharap Dunia Menjadi Hijau”. Mustaqim memberikan ilustrasi kerusakan dunia, dengan berbagai racun yang berasal dari mesin dan bahan bakar fosil.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA