Take a fresh look at your lifestyle.

Murid SLB 1 Pemalang Bagikan Bibit Tanaman Pada Masyarakat

261

PEMALANG – Anak anak Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Pemalang membagikan bibit tanaman secara gratis pada masyarakat. Hal itu dilakukan dalam rangka memperingati hari jadi SLB 1 Pemalang yang ke 34 tahun.

“Dalam rangka memperingati hari jadi SLB 1 Pemalang, kita ingin menggelar acara berbeda dari biasanya. Salah satunya yaitu membagikan bibit tanaman secara gratis pada masyarakat yang melintas di perempatan Sirandu,” ujar Kepala SLB 1 Pemalang, Flaviana Estu Hartati, kemarin.

Dia mengatakan, ada sekitar 300 bibit tanaman yang dibagikan baik dalam bentuk biji maupun sudah keluar daunnya. Jenis tanaman yang dibagikak beraneka ragam, antara lain tanaman buah buahan, bibit sayuran, maupun tanaham obat obatan. Pihaknya ingin mengajak pada masyarakat untuk senang menanam tanaman di lahan pekarangan masing masing. Harapannya, apabila di lingkungan rumah banyak tanaman menjadikan udara bersih, dan sehat. Selain itu, melalui kegiatan tersebut juga untuk mengajarkan pada peserta didik di SLB 1 Pemalang untuk selalu peduli terhadap sesama dan lingkungan, meskipun anak anak tersebut memiliki keterbatasan. Dalam kegiatan tersebut melibatkan seluruh murid SLB 1 Pemalang dengan berbagai macam jenis ketunaan, antara lain, tuna daksa, tuna netra, tuna grahita, maupun tuna rungu dan wicara.

“Selain para murid, kita juga melibatkan para guru, karyawan, orang tua dan komite sekolah, harapannya mereka juga bisa ikut sadar untuk menanam tanaman di rumah masing masing. Sebelumnya kita juga menggelar acara pengajian yang diikuti seluruh elemen di SLB 1 Pemalang,” tandasnya.

Ia mengatakan, melalui kegiatan membagi bibit itu, diharapkan bisa dijadikan pembelajaran bagi para murid. Anak anak berkebutuhan khusus biasanya hanya menerima bantuan, tetapi pola tersebut ingin diubah, dimana anak anak SLB juga bisa berbagi sesuai dengan kemampuannya. Hal itu menjadi pendidikan dasar untuk mental mereka, sebab dengan keterbatasan tersebut mereka masih tetap berprestasi, berkarya, maupun berbagi terhadap sesama, dan lingkungan. Khusus untuk pembagian bibit bekerjasama dengan dinas pertanian Pemalang. (H77/Red_03)

BERITA LAINNYA