Take a fresh look at your lifestyle.

Murid MTsN 1 Pemalang Dikenalkan Cagar Budaya

139

PEMALANG – Murid MTsN 1 Kabupaten Pemalang dikenalkan dengan cagar budaya melalui pemutaran film, sebagai salah satu pendidikan sejarah untuk mereka. Pemutaran film atau bioskop keliling cagar budaya merupakan salah satu program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah untuk mensosialisasikan cagar budaya di daerah tersebut.

“Kami dari BPCB Jateng memang sengaja datang ke MTsN 1 Pemalang untuk mensosialisasikan cagar budaya yang ada di Jateng. Mereka dikenalkan terkait dengan cagar budaya melalui film, tetapi selain itu, ada juga beberapa narasumber yang memaparkan tentang sejarah lokal, maupun tentang cagar budaya,” ujar Putu Danawijaya Koordinator Bioskop keliling dari BPCB Jateng, saat di Pemalang, kemarin.

Dia mengatakan, sosialisasi tentang cagar budaya biasanya dilakukan melalui komunitas cagar budaya yang ada dimasing masing daerah. Namun di Pemalang hingga saat ini belum terbentuk secara resmi yang berkoordinasi dengan BPCB. Diharapkan kedepannya di Pemalang terbentuk komunitas komunitas yang konsentrasi menangani cagar budaya yang ada. Terkait dengan film yang diputar yaitu menceritakan tentang salah satu tokoh yang ada dalam proses pemugaran candi. Tokoh yang diceritakan yaitu bernama mbah Man, dimana dia hanya seorang pencari batu tetapi dilibatkan dalam pemugaran candi, sebab kemampuannya sangat bagus terkait dengan batu. Kegiatan pemutaran film bioskop keliling adalah salah satu upaya penyebarluasan informasi cagar budaya dalam bentuk pemutaran film mengenai cagar budaya atau sejarah lainnya, sehingga timbul kesadaran bersama dalam upaya pelestarian cagar budaya. Pada kegiatan ini, tidak hanya pemutaran film, tetapi juga terdapat diskusi mengenai film yang ditayangkan untuk mengetahui pendapat para siswa.

“Pemutaran bioskop keliling yang digelar di MTsN Pemalang terkait dengan cagar budaya baru pertama kali dilaksanakan di Pemalang. Melalui kegiatan tersebut, para siswa bisa lebih paham dan mengetahui sejarah,” tandas Kepala MTsN 1 Pemalang, Mimbar.

Ia mengatakan, bioskop keliling pemutaran film cagar budaya ke Kabupaten Pemalang hanya di putar di MTsN 1 Pemalang. MTSN 1 Pemalang dipilih sebab mempunyai siswa terbanyak, yang mempunyai website aktif dan mempunyai boarding school madrasah full day. Pihaknya mengucapkan terimakasih atas dipercayanya itu, semoga dapat memberikan wawasan tentang cagar budaya bagi peserta didiknya. Peserta didik merasa sangat senang sebab ada tambahan pengetahuan baru, khususnya tentang cagar budaya.

(Jokowi/red3)

BERITA LAINNYA