Take a fresh look at your lifestyle.

Mulai 13 Juli Kota Tegal Gelar KBM Tatap Muka

101

TEGAL – Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka di Kota Tegal akan dilakukan pada 13 Juli 2020 mendatang. Namun, kesemuanya itu dapat terlaksana apabila pada tahun ajaran 2020/ 2021 protokol kesehatan dan kesepakatan orang tua telah terpenuhi.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tegal, Ismail Fahmi menyebutkan, secara kalender pendidika, pada 13 Juli 2020 merupakan masa masuk sekolah bagi peserta didik baru dan siswa yang naik tingkat.

Sesuai surat keputusan empat menteri, sekolah dapat melangsungkan KBM secara tatap muka atau daring atas seizin Pemerintah Daerah (Pemda) setempat termasuk Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

“Teknisnya, tentu masing-masing sekolah yang menentukan. Pihak sekolah, komite dan orang tua harus sepakat untuk menggelar KBM. Karena memang itu yang menjadi syarat utama,” ungkap Fahmi saat ditemui di Bahari Inn, Selasa (30/6).

Jika protokol kesehatan sudah terpenuhi, sambung Fahmi, maka orang tua harus memberikan izin dengan surat pernyataan. Namun, apabila orang tua tidak menghendaki putra putrinya untuk melakukan KBM tatap muka, maka proses KBM tatap muka tidak bisa digelar.

“Hargai orang tua yang tidak menyetujui. Karena keputusan mutlak KBM tatap muka ada di tangan mereka. Kami, hanya memantau sejauh mana sekolah menyiapkan sarana dan prasarana, serta mengevaluasi masukan-masukan,” tukasnya.

Adapun bagi peserta didik yang tidak bisa melakukan KBM tatap muka, maka pihak sekolah wajib memberikan KBM secara daring, sebagaimana yang telah dilakukan sejak pandemi. (Haikal/ red10)

BERITA LAINNYA