Take a fresh look at your lifestyle.

Muhammadiyah Bentuk Sukarelawan Pemusnah Sarang Tawon

135

PEMALANG – Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Pemalang membentuk tim sukarelawan yang menjalankan tugas sebagai pemusnah sarang tawon. Pembentukan tim ini menurut Komandan MDMC Erwin Ediyanto Era Praja untuk membantu masyarakat dalam memusnahkan sarang tawon di lingkungan mereka.

Tim yang sudah dibentuk itu menurut Erwin langsung bekerja ketika ada permintaan dari masyarakat untuk memusnahkan sarang tawon.”Masyarakat memberi informasi ke kami dan langsung kami tindaklanjuti dengan menurunkan tim pemusnah,”kata Erwin.

Tim kata dia sudah dibekali keterampilan khusus sehingga dalam menjalankan tugas tetap mengutamakan keselamatan diri dan lingkungan. Sampai dengan Rabu (15/1) lanjut Erwin sudah enam sarang tawon vespa yang dimusnahkan antara lain tiga sarang di Desa Klegen, Kecamatan Comal, satu di Desa Kauman Kecamatan Comal kemudian satu di Desa Pamutih Kecamatan Ulujami dan satu di Desa Kebagusan Kecamatan Ampelgading.

Sementara itu apabila tidak ada permintaan masyarakat tim ini rela melakukan patroli untuk mencari sarang tawon. Selanjutnya dilakukan pemusnahan pada malam harinya. Masyarakat yang mengetahui beroperasiolnya tim ini menyambut baik bahkan mereka tulus memberikan informasi keberadaan sarang tawon yang meresahkan.

Keberadaan sarang tawon ini di Pemalang tidak hanya meresahkan masyarakat namun telah menelan korban jiwa. Pada tahun 2019 terdapat tiga orang meninggal akibat serangan tawon tersebut.

Terjadinya kasus orang meninggal diserang tawon membuat Pemerintah Kabupaten Pemalang turun tangan. Tim pemadam Kebakaran Satpol PP diturunkan untuk membasmi sarang tawon.

Kepala Satpol PP Wahyu Sukarno mengatakan selain memusnahkan sarang tawon yang menyerang warga hingga tewas, tim pemadam Kebakaran juga membuka pengaduan masyarakat mengenai keberadaan sarang tawon.

Pengaduan kemudian ditindaklanjuti dengan mengunjungi sarang tawon yang dilaporkan masyarakat lalu dilakukan pemusnahan pada malam harinya.

Adapun keberadaan tim pemusnah sarang tawon MDMC secara langsung membantu Satpol PP dalam melayani masyarakat untuk memusnahkan sarang tawon.Ali Basarah)

BERITA LAINNYA