Take a fresh look at your lifestyle.

Muhammadiyah Bentuk Covid-19 Command Center

112

PEMALANG – Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pemalang membentuk Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MC3) dalam penanganan dan pencegahan Covid-19. Wakil Ketua PDM, Ahmad mengatakan keputusan tersebut tertuang dalam hasil rapat pleno PDM, Muhammadiyah Disaster Center Manajemen (MDMC) dan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) baru-baru ini.

“Hasil rapat pleno memutuskan hal-hal berkaitan dengan penanganan covid-19,”kata Ahmad didampingi Komandan MDMC, Erwin Ediyato Era Praja, Rabu (18/3).

Adapun keputusan rapat pleno selain membentuk MC 3 antara lain adalah menunda kegiatan pengajian jelang Ramadan dan gebyar muktamar ke-48 Muhammadiyah, sekolah dan madrasah diliburkan mulai 15-29 Maret 2020, santri Ponpes Al Manaar tidak dipulangkan meskipun libur dan diperiksa suhu tubuh.

Kemudian shalat berjamah di masjid dan mushala tetap dilaksanakan dengan cacatan karpet digulung dan lantainya dibersihkan rutin. Jamaah shalat diminta agar membawa sajadah sendiri yang bersih.

Keputusan lainnya adalah perkantoran Muhammadiyah tidak libur namun menyediakan tempat cuci tangan lengkap dengan sabun dan staf-stafnya melakukan cuci tangan standar WHO. Kemudian apabila ada warga Muhammadiyah yang terkena covid-19 agar lock down mandiri dan semua akibat yang terjadi menjadi tanggungan Muhammadiyah.

Sementara itu koperasi Muhammadiyah yang akan menggelar rapat anggota tahunan (RAT) untuk ditunda sampai dengan bulan April. Pada saat pelaksanaan RAT agar tetap mengedepankan kebersihan dan kesehatan bekerjasama dengan rumah sakit Muhammadiyah.

Erwin menambahkan keputusan tersebut disampaikan kepada lembaga dan orgasnisasi otonom Muhammadyah agar diketahui oleh anggotnya. Kemudian Pimpinan Cabang Muhammdiyah (PCM) atau tingkat kecamatan dan Aisyiyah juga ikut menyampaikan ke Pimpinan Rnting Muhammadiyah (PRM) dan pimpinan amal usaha.(Ali Basarah)

BERITA LAINNYA