Take a fresh look at your lifestyle.

Mudik ke Desa Cawet, Perantau Wajib Lapor

331

PEMALANG – Pemerintah Desa Cawet,Kecamatan Watukumpul mewajibkan perantau yang mudik ke desanya untuk melapor ke Pemerintah Desa, Kepala Dusun atau Ketua RT. Tindakan tersebut menurut Kepala Desa Cawet, Taufik Saleh sebagai salah satu upaya meningkatka kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi risiko penularan Covid-19.

“Kami pemerintah desa iklut ambil bagian dalam menanggulangi wabah Covid-19 di mana sebenranya Desa Cawet seharusnya aman, namun wabah bisa datang dari luar desa,”kata Taufik, kemarin.

Karena itu wargnya yang merantau di daerah-daerah terpapar Covid-19 dengan status merah kemudian mudik maka diharuskan melapor. Dengan demikian pemrintah desa akan bisa memantau dan menghindarkan warganya dari penularan penyakit tersebut.

Hiambauan untuk melapor ke Pemerintah Desa bagi para perantau yang mudik ini dilakukn melalui pemasangan selebaran di sudut-sudut desa dan melalui jejaring sosial. Melalui jejarimng sosial dia nilai efektif sebab Desa Cawet pernah virakl di media sosial sehingga Kep[ala Desa optimistis pesannya terbaca khalayak.

Sementara itu untuk pengurangan risiko secara lebih dini pemerintah desa melakukan edukasi kepada warganya akan pola hibur bersih dan sehat. Di kanto pelayanan dan pasar disediakan tempat untuk cuci tangan dan meminta warga untuk menghindari kerumunan.

“Warga kamiminta untuk tetap tenang dan kondusif menghadapi wabah ini dan ikut melakukan pencegahan melalui kebersihan diri dan keluarga,”kata Taufik.

Di Kabupaten Pemalang himbauan untuk melapor bagi pemudik juga dilakukan desa-desa lain baik melalui brosur, sopanduk maupun melalui jejaring sosial. Ajakan melapor ini di beberapa desa dipatuhi oleh pemudik.(

BERITA LAINNYA