Take a fresh look at your lifestyle.

Meriahkan Peringatan HUT RI ke-47 Dengan Lomba Dolanan Tradisional

150

TEGAL – Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Republik Indonesia Ke-74, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdibud) Kota Tegal menggelar berbagai lomba permainan tradisional,Kamis (8/8). Kegiatan yang laksanakan di lapangan Alun-alun Kota Tegal diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Tegal dan sekolah.

“Para peserta antusias mengikuti lomba. Bahkan, mereka juga membawa suporter untuk memeriahkan acara ini,” ujar Kepala Disdikbud, Johardi didampingi Kepala Bidang Kebudayaan, Dinar Maryoto.

Menurut dia, kegiatan tersebut selain dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke-74, juga dalam rangka melestarikan dan menguri-uri permainan tradisional yang saat ini sudah mulai jarang dimainkan oleh anak-anak. Ada tiga permainan tradisional yang dilombakan, yaitu lomba gobak sodor, lomba bakyak dan lomba dagongan. “Untuk lomba gobak sodor setiap tim terdiri lima pemain, lomba bakyak diikuti tiga orang dan lomba dagongan lima orang,” katanya.

Dinar menambahkan, kegiatan tersebut diikuti sebanyak 48 instansi. Sesuai rencana perlombaan itu akan dilaksanakan secara rutin setiap tahun. Diharapkan tahun depan pesertanya bisa bertambah dan permainan tradisional bisa tetap lestari di masyarakat. (Wawan Hoed/Red1)

BERITA LAINNYA