Take a fresh look at your lifestyle.

Meriah dan Menarik, Invofest 2019 di PHB Tegal

118

* Hadirkan Pakar dan Praktisi IT
* Digelar D4 TI PHB Tegal

TEGAL – Ajang tahunan di bidang kompetisi dan rekayasa Information Technology (IT), bertajuk ”Invofest 2019”, yang digelar Prodi D4 Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama (PHB) Tegal, berlangsung menarik dan cukup meriah.

Informatics Vocational Festival (InVoFest), yang digelar kali keempat, antara lain, untuk menggali potensi dan mengembangkan bakat maupun ketrampilan kaum milenial Indonesia. dalam mengadapi tantangan di Era Disrupsi Teknologi 4.0 berlangsung selama empat hari berturut-turut, di pekan terakhir Oktober.

Wakil Direktur I PHB Tegal Arfan Haqiqi S

PARA JUARA : Dosen pembina dan mahasiswa yang menjadi panitia, berfoto bersama para juara kompetisi tahunan Invofest 2019 yang digelar D4 TI PHB Tegal.

ulasmoro MKom yang membuka kegiatan itu mengatakan, tak hanya kompetisi yang digelar dalam kegiatan ini. Tapi ada workshop dan seminar, yang dapat menjadi bekal penting dalam pengembangan teknologi informasi.

”Era digital, tantangannya cukup berat dan terus berkembang begitu cepat. Generasi milenial harus cepat tanggap dalam mengadapi tantangan ini. Khususunya di Era Disrupsi Teknolgi 4.0. Semoga kegiatan ini dapat memberi pencerahan dan membangkitkan semangat untuk terus berkembang bagi generasi muda tanah air dalam menngadapi perkembangan zaman yang kian menantang,” ucap dia, didampingi Kaprodi D4 TI PHB Ginanjar Wiro Sasmito.

Adapun rangkaian kegiatan InvoFest 2019 terdiri atas, Talkshow dengan tema Prospektif kerja di industri IT dengan pemateri lima Alumni Prodi TI-PHB yang telah sukses bekerja di industri IT.

Mereka adalah, Roynaldo Indra (IT-Head Office Database Administrator PT Surya Timur Sakti), Edy Akbar Furqoni (Software Engineer PT Bisnis Teknologi Performa), Dimas Arif Setiana (QC Departemen IT BAD Adira Finance), Arif Hidayah (Project Manager PT Nocola IoT Solution), dan Bayu Adi Prasetyo (Full Stack Developer PT Kompas Gramedia).

Kelas Pararel

Kemudian Workshop Kelas Pararel. Berupa, Virtual Reality dengan pemateri Andes Rizky (Chief Operation Officer Shinta VR), Computer Vision dengan pemateri Adi Pamungkas (Founder of MATLAB Indonesia).

Blockchain dengan pemateri Bari Arijono (Advisor at Global Association Blockchain and Cryptocurrency), dan Information System Security Assesment dengan Pemateri Dedi Haryadi (Peneliti Keamanan Forensik Digital Unjani Yogyakarta). ”Workshop ini dengan konsep 70 persen praktikum dan 30 persen teori, mulai pukul 09.00 hingga pukul 16.00 WIB,” terang Ginanjar.

PAKAR IT : Dua pakar IT usai menjadi pembicara seminar nasional di rangkaian kegiatan Invofest 2019 di D4 TI PHB Tegal, menerima piagam dan cinderamata.

Kegiatan berikutnya adalah Final IT Competition. Dengan melombakan, Web Design Competition untuk tingkat SMA/SMK. Tampil sebagai Juara I, SMK Telkom Purwokerto, Juara II SMK N 1 Cilacap, dan Juara III SMK Telkom Purwokerto.

Berikutnya adalah Application Development Competition untuk tingkat mahasiswa. Dengan Juara I Tim Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Untuk cabang Poster Design Competition, yang digelar untuk internal mahasiswa TI-PHB direbut Musnadil Firdaus, dan Juara Favorit Fajar Aji Gilang.

Dihari terakhir, digelar Seminar Nasional dengan tema, ”Intelligence System and Cyber Security”. Tampil dua narasumber, Yakni, Chairman of Smart City Indonesia dan Komisaris PT KAI, Prof Dr Suhono Harso Supangkat MEng.

Kemudian First Chairman ID-SIRTII dan Dewan Pakar Lembaga Pertahanan Nasional, Prof Dr Ir Richardus Eko Indrajit MSc MBA MPhil MA. Hampir semua peserta InVofest 2019 sangat antusias dan mengapresiasi event bergengsi tersebut.

Kaprodi D4 TI PHB Ginanjar Wiro Sasmito berharap, event IT skala nasional tersebut dapat membawa dampak positif bagi produktivitas peserta invofest. Terutama bagi mahasiswa dalam mengembangkan teknologi informasi di era disrupsi teknologi 4.0.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA