Take a fresh look at your lifestyle.

Meraih Prestasi Berbekal Kebersamaan

162

* Politeknik Harapan Bersama Tegal

TEGAL – Menginjak  usia ke-17 tahun, sosok Politeknik Harapan Bersama (PHB) Tegal telah melesat menjadi sebuah perguruan tinggi vokasi yang diperhitungkan di tingkat nasional. Itu terbukti dari sejumlah prestasi yang diraih hingga saat ini.

Hal itu bakal dibeberkan di acara Wisuda Ketiga Sarjana Terapan, dan Wisuda Ke-15 Ahli Madya, yang digelar di Sebayu Convention Hall, Bahari In Hotel, Rabu (9/10). Direktur PHB Tegal Mc Chambali B Eng EE MKom, juga menjelaskan akan mewisuda sebanyak 1.479 lulusan perguruan tingginya Tahun Akademik 2018/2019, dari tujuh program studi.

Perinciannya, dari Program Studi (Prodi) D3 Teknik Komputer sebanyak 355 wisudawan, Prodi D3 Kebidanan 77 Wisudawan, D3 Akuntansi 444 Wisudawan, Prodi D3 Farmasi 251 Wisudawan, Prodi D3 Teknik Elektronika 129 Wisudawan, Prodi D3 Teknik Mesin 147 Wisudawan dan Prodi D4 Teknik Informatika yang juga merupakan sarjana terapan sebanyak 76 Wisudawan.

Berkait dengan sosok perguruan tingginya, Mc Chambali B Eng EE MKom mengatakan, perguruan tinggi yang dikelolanya memang kian diperhitungkan di tengah persaingan dengan perguruan tinggi lainnya. Salah satunya, lantaran mampu bertengger di peringkat 29 nasional.

”Ini untuk kategori klasterisasi Pendidikan Vocasional Tingkat Nasional yang disandingkan dengan 1.128 perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Jadi ini sangat membanggakan. Tapi kita jangan serta merta membusungkan dada, atau cepat berpuas diai. Karena kedepan tantangannya juga lebih berat,” tandas dia.

Menaikan Peringkat

Menurut dia, antara lain, selain tantangan harus tetap mempertahankan peringkat tersebut, akan lebih menantang lagi bila mampu untuk menaikkan posisi peringkatnya, lebih baik dari yang sekarang telah diperoleh.

Menurut dia, perolehan peringkat seperti itu, juga berkat sejumlah prestasi yang telah diraih dosen dan mahasiswanya. Baik di ajang lomba tingkat provinsi maupun nasional. Bahkan secara institusi atau kelembagaan, telah mampu meraih Akreditasi B.

Pertimbangan pemeringkatan yang diraihnya itu, juga dari sejumlah kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri untuk membuka kelas internasional. Termasuk kerjasama meningkatkan kualitas perkuliahan, dengan mengirim mahasiswa maupun lulusannya ke perguruan tinggi di luar negeri. Semua dinilai oleh Kemenristek Dikti.

Didampingi Ketua Yayasan Pendidikan Harapan Bersama MS Khafdillah SKom SH MH, Direktur PHB Tegal mengungkapkan salah satu kerjasama, yang telah terjalin dengan perguruan tinggi luar negeri.

Yakni, kerjasama dengan Management Science University (MSU) Malaysia. Khususnya untuk menyelenggarakan program percepatan (fast track) studi lanjut S2. Itu berarti pendidikan di politeknik telah mengalami lompatan cukup signifikan.

Mencetak Sarjana

Sebab tak hanya meluluskan ahli madya, yang selama banyak diberlakukan di sejumlah perguruan tinggi vokasi. Tapi kini mampu mencetak sarjana terapan hingga lulusan seperti dari program magister dari hasil kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri.

”Kerjasama seperti ini, tentu akan meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi yang dipimpinnya. Baik bagi mahasiswa dan lulusannya, juga kualitas peningkatan kepercayaan dari masyarakat luas, untuk lebih mempercayakan pendidikan anak-anaknya di PHB Tegal,” ucap dia.

Hal itu dapat dilihat dari penerimaan jumlah mahasiswa baru yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Di sisi lain, lanjut dia, sejumlah prestasi yang diraih mahasiswa perguruan tingginya atau civitas akademika, diakui tak lain berbekal kebersamaan yang telah terjalin cukup kuat selama ini. Itu dinilai pula sebagai keunggulan yang harus terus dipertahankan dan ditingkatkan.

”Tak ada yang merasa berhasil sendirian. Semua karena kebersamaan, kerjasama yang baik antara dosen dan mahasiswa untuk membawa nama baik perguruan tinggi ini, dengan berprestasi di berbagai ajang tingkat provinsi maupun nasional,” terang Mc Chambali.(Riyono Toepra-red07)
——————————————————-

Beberapa prestasi mahasiswa Politeknik Harapan Bersama Tegal :

01. Reza Cezar Tiarso ( D3 AKUNTANSI), Juara 1 Sitong Duta Wisata Kota Tegal.
02. Anis Sapitri (D3 Farmasi), Juara 1 Sinok Duta Wisata Kota Tegal.
03. Dina Rosiana (D3 Kebidanan), Juara Harapan 1 Duta Anti Narkoba Kota Tegal.
04. Tim “GLOIRE” (D4 Teknik Informatika), Juara I Nasional I Fest Mobile Aplication
Universita Uhamka.
05. Tim “PLUGIN” (D4 Teknik Informatika), Juara 2 Nasional Aplication Universitas
Uhamka.
06. Tim “PLUGIN” (D4 Teknik Informatika), Juara 1 Nasional Smart It Fest Vision di
UNS.
07. Tim ”TAWAKAL” (D4 Teknik Informatika) Juara 1 Nasional Event Endcode Discovery 6 –
Software Development di Universitas Negeri Jember.
08. Dwi Kukuh Supriyono (D3 Teknik Komputer) Juara 2 Krenova Tingkat Jateng.
09. Dwi Kukuh Supriyono, Moh Restu Aji dan Ridwan Maulana (D3 Teknik Komputer) Juara
3 Krenova Kota Tegal.
10. Nadziroh Adela dan Umi Uswatun (D3 Farmasi) Juara Harapan 1 Nasional Presenter Oral, dan Juara Harapan 2 Nasional Unique Research Kompetisi Karya Ilmiah Ikatan Pendidikan Farmasi Seluruh Indonesia.

 

BERITA LAINNYA