Take a fresh look at your lifestyle.

Menkop UKM, Vaksin Bagi Pelaku UMKM Percepat Pemulihan Ekonomi

85

BREBES, smpantura.com – Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, meninjau vaksinasi Covid19 bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Brebes, Sabtu pagi tadi (25/9), di Islamic Center Brebes. Vaksin bagi pelaku UMKM, bagian upaya pemerintah dalam percepatan pemulihan sektor ekonomi yang ikut terdampak pandemi.

“Vaksinasi kan sebagai jalan keluar untuk pemulihan ekonomi. Kalau bicara vaksinasi untuk pemulihan ekonomi nasional, maka justru yang harus mendapat prioritas salah satunya adalah pelaku usaha, para pelaku UMKM, karena bisa mendorong percepatan pemulihan ekonomi ini, ungkap Menteri Koperasi dan UKM (Mekop UKM), Teten Masduki, saat meninjau vaksinasi bagi pelaku usaha di Islamic Center Brebes.

Vaksinasi bagi pelaku UMKM itu dilaksanakan Kospin Jasa bersama Hippindo, bekerjasama dengan Pemkab Brebes. Ratusan pelaku UMKM di Brebes menjadi sasaran dalam program tersebut.

Teten menjelaskan, target vaksinasi secara nasional mencapai 2,8 juta per hari. Sedangkan khusus di Jakarta targetnya 5.000 per hari. Namun terget itu seiring dengan pasokan vaksin yang ada. Saat ini vaksinasi juga didorong ke daerah-daerah, seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bahkan, bulan depan akan masuk ke luar Jawa. “Untuk ikut mendorong percepatan vaksinasi ini, kami dari Kemenkop UKM menggandeng Koperasi dan Lipindo melaksanakan vaksinasi bagi pelaku UMKM, seperti yang dilaksanakan di Brebes ini,” ungkapnya.

Menurut dia, total pelaku UMKM di Indonesia saat ini mencapai 65 juta. Dari jumlah itu, stok vaksin yang dibutuhkan mencapai 130 juta dosis, untuk dosis pertama dan kedua. Untuk mempercepat vaksinasi, saat ini bergerak ke daerah-daerah. “Kami bekerjasama dengan korperasi dan dunia usaha untuk mempercepat vaksinasi di kabupaten/ kota,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Umum Kospin Jasa, HM Andy Arslan Djunaid mengatakan, program vaksinasi itu dilaksanakan di 11 titik. Di antsaranya, di Brebes, Pekalongan, Batang, Pemalang dan Tegal. Program itu menjadi upaya Kospim Jasa dalam mendongkrak capaian vaksinasi. Harapannya, bisa menjadi upaya penanggulangan pandemi dan pemulihan ekonomi.

“Setiap titik, kami targerkan 500 sasaran. Tapi, Alhamdulilah melebihi target, seperti yang dilaksanakan di Brebes ini bisa mencapaj 650 sasaran. Ini menunjukkan antusiasme masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi. Program kami ini sekaligus menjadi wujud sinergi dengan Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO),” ungkapnya.

Bupati Brebes, Idza Priyanti mengatakan, Pemkab Brebes memberikan apresiasi yang tinggi atas langkah yang dilakukan Kospin Jasa dan Hippindo. Program vaksinasi yang dilaksanakan itu, dapat mendorong pemulihan ekonomi kecil dan menengah. Di sisi lain, vaksinasi itu juga membantu Pemkab Brebes dalam percepatan vaksi bagi masyarakat.

(T07-red) 

BERITA LAINNYA