Take a fresh look at your lifestyle.

Melihat Upacara Bendera Hari Pahlawan di Kampung Nelayan Jalan Ternate Tegalsari

129

 

TEGAL-Para pegiat literasi dan warga kampung nelayan menggelar upacara bendera memperingati Hari Pahlawan di halaman TBM Riyani Dabin TBM Sakila Kerti di Jalan Ternate, Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, Minggu (10/11).

Bertindak sebagai pembina upacara Danlanal Tegal Letkol Marinir Ridwan Aziz, yang juga dihadiri Wakil Wali Kota M. Jumadi, Pembina Gerakan Tegal Membaca Dyah Probondari, Ketua FTBM Kota Tegal Yusqon, serta para orang tua dan anak-anak sekolah dasar warga sekitar.

Menurut Ridwan Aziz, setiap warga negara berhak dan wajib untuk turut mengisi kemerdekaan. Dirinya juga mengapresiasi warga setempat yang menggelar peringatan Hari Pahlawan.

“Saya berterima kasih dan terharu, ini luar biasa. Terkadang hal seperti ini jarang diperhatikan, kebanyakan acara yang besar. Namun yang seperti ini akan berpengaruh ke hal besar. Kami mendukung dan apresiasi kepada para pejuang literasi,” kata Danlanal.

Menurutnya, dari hal yang kecil semakin ke depan semakin besar.  Ini sebagai salah satu efek untuk terus mengisi pembangunan atau yang sudah diperjuangkan pejuang yang sudah berjuang mempertahankan kesatuan RI.

“Mudah-mudahan dengan adanya literasi ini menjadi tahu para pejuang yang sudah berjuang dari sabang sampai merauke. Kita semua harus bangga. Indonesia meski berbeda-beda pulau namun satu negara,” kata dia.

Untuk itu, pihaknya mengaku akan terus mendukung gerakan literasi di Kota Tegal. “Diharapkan tetap semangat jangan kendor dan mudah-mudahan jiwa nasionalisme terus ada dan ke depan mudah- mudahan dapat memberi semangat bagi kita semua,” pungkasnya.

Ketua FTBM Yusqon yang juga pendiri TBM Sakila Kerti mengungkapkan, kegiatan itu juga sebagai upaya untuk mendekatkan diri dengan masyarakat untuk bersama-sama menguatkan pendidikan karakter warga.

“Ini salah satu tujuan pendidikan karakter, yakni bagaimana agar tetap cinta kepada tanah air dan menghargai perjuangan para pahlawan bangsa,” pungkas Yusqon.

Ditambahkan Yusqon penerima nomine 10 PNS Inspiratif Anugerah ASN KemenPANRB 2019 ini, kegiatan itu sejalan dengan lima prioritas Kemendikbud RI.

“Yang pertama penguatan pendidikan karakter, dan sudah diimplementasikan sinergitas antara Pemkot dan satuan dinas seperti Lanal, dan pegiat literasi layanan pada masyarakat,” kata dia.

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan makan-makan atau ramah tamah. Diselingi dengan pembacaan puisi oleh Apas Khafasi, serta pemotongan kue ulang tahun untuk Maman Suherman, penasehat FTBM pusat yang dikenal dekat dengan pegiat literasi di Kota Tegal.

“Bapak Dirjen PAUD Dikmas Harris Iskandar juga sangat menyambut baik dan mengapresiasi setiap kegiatan Sakila Kerti dan pegiat literasi di Kota Tegal,” pungkas Yusqon. (enn/red4)

BERITA LAINNYA