Take a fresh look at your lifestyle.

Melihat Suasana Perayaan Idul Adha di Sekolah Terminal Bus Kota Tegal

132

TEGAL-Suasanya di pojok Terminal Bus Kota Tegal, Minggu (11/8/2019) pagi lain dari biasanya. Anak-anak usia PAUD dan orang tuanya sudah datang sejak pagi usai salat Idul Adha.

Dengan memanfaatkan pelataran keramik di depan sebuah ruang kosong di pojok terminal, mereka memanfaatkan untuk perayaan Idul Adha 1440 Hijriah. Suasanya menjadi lebih meriah mengingat terminal bus memang belakangan sempat sepi di pagi hari.

Dengan duduk lesehan, mereka melantunkan takbir dengan pengeras suara yang sudah disiapkan panitia dari Sekolah Terminal Sakila Kerti.

Sebelumnya, anak-anak yang kebanyakan dari orang tua yang mencari nafkah di terminal itu juga dibekali pemahaman tentang berkurban. Mereka di tahun ajaran baru ini memang terdaftar di PAUD Sekolah Terminal yang difasilitasi secara gratis

Sehari sebelumnya, anak-anak bahkan dilatih membuat kolase gambar kambing kurban dari kapas. Sekolah Terminal tahun ini sendiri mendapat sumbangan enam ekor kambing.

Di antaranya dari Wali Kota Dedy Yon Supriyono, Wakil Wali Kota M. Jumadi, Kapolres AKBP Siti Rondhijah, Kepala Dinkes dr. Prima Indraswari, pemilik Riez Hotel Jamaludin, dan pengelola Sakila Kerti Yusqon.

Sementara itu, para bapak-bapak terdiri dari awak bus, calo terminal, dan pedagang kecil nampak berbagi tugas. Ada yang mulai mengasah golok untuk menyembelih hewan kurban ada pula yang bersiap-siap memegangi kambing dengan kuat sambil melantunkan doa.

Diiringi takbir, penyembelihan hewan kurban dimulai. Nampak ada beberapa anak yang berani menyaksikan langsung dengan pendampingan dari orang tua.

Disampaikan pengelola Sekolah Terminal Sakila Kerti, Dr. Yusqon, kegiatan penyaluran daging hewan kurban sudah berjalan dalam dua tahun terakhir.

Setiap Idul Adha, pihaknya menerima penyaluran hewan kurban. Nantinya, daging kurban tersebut akan dibagikan kepada warga yang membutuhkan.
Tidak hanya yang beraktivitas di dalam terminal, juga warga sekitar terminal yang sebelumnya diberi kupon. (Setyadi/Red4)

BERITA LAINNYA