Take a fresh look at your lifestyle.

Mau Nikah, Polisi Dites Baca Al Qur’an

- Sidang BP4R di Polres Tegal Kota

812

TEGAL – Upaya menjaga keharmonisan dan keutuhan rumah tangga yang dilakukan Polres Tegal Kota terhadap personelnya yang akan melaksanakan pernikahan, dilakukan dengan cara cukup unik dan menarik.

Salah satunya, bila ada personel atau anggota Polri yang mau nikah, akan dites kemampuannya dalam membaca surat-surat atau ayat-ayat suci di Al Qur’an. ”Ini khusus bagi personel yang beragama Islam,” terang Wakapolres Tegal Kota Kompol Joko Wicaksono SSTPi.

BACA AL QUR’AN : Briptu Alfian Randhitya Prakoso saat membacakan salah satu ayat suci Al Qur’an, didampingi calon istrinya, saat menjalani tes baca Al Qur’an dalam sidang pra nikah atau Sidang BP4R, di Mapolres Tegal Kota.(Foto : smpantura.com/Riyono Toepra-red07)

Hal itu terlihat saat dia memimpin sidang pra nikah atau Sidang Badan Pembina, Penasihat Perkawinan Perceraian dan Rujuk (BP4R), yang digelar di Ruang Devia Cita, Lantai 2 Mapolres Tegal Kota, Rabu (15/1).

Ketentuan sidang pra nikah, wajib dilakukan, karena sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2010. Yakni, setiap Anggota Polri / Polwan yang akan melaksanakan perkawinan harus melalui proses sidang BP4R sebelum pernikahan dilangsungkan.

Saat itu salah seorang personel Banit Sat Reskrim Polres Tegal Kota, Briptu Alfian Randhitya Prakoso, berencana menikah dengan wanita pilihannya, pada Februari mendatang.

Sidang dipimpin langsung Wakapolres Tegal Kota Joko Wicaksono SSTPi dengan anggota Kabag Ren Kompol Juliantoro SH dan Kasat Reskrim AKP Agus Budi Yuwono SH MH, diawali dengan pertanyaan bernada santai.

Mulai dari kesalingcocokan diantara pasangan tersebut, dan pemahaman calon istri personel Polri, tentang tugas-tugas keseharian suami yang penuh risiko dan tantangan cukup berat.

Menjadi Imam

Sampailah pada pertanyaan cukup menukik yang diayunkan Wakapolres Tegal Kota. ”Anda bakal menjadi pemimpin di keluarga, ya menjadi imam yang baik. Sebagai imam yang baik, apa Anda bisa membaca ayat-ayat suci Al Qur’an. Coba baca salah satu ayat saja,” pinta Kompol Joko Wicaksono SSTPi.

Mendengar pertanyaan tak terduga itu, Briptu Alfian dan calon istrinya, saling pandang. Beberapa detik kemudian, ”Siap, Komandan. Bisa,” jawab Briptu Alfian, yang disambut senyum sumringah wanita pujaannya yang memang wajib dihadirkan dalam sidang itu, bersama kedua orang tuanya atau walinya.

Meski mendapat jawaban seperti itu, pemimpin sidang dan dua anggotanya masih menunggu pembuktian yang harus dilakukan personelnya dalam sidang pra nikah tersebut.

Saat lantunan ayat suci Al Qur’an memecah keheningan ruang sidang di Lantai 2 Mapolres Tegal Kota, wajah Wakapolres, Kabag Ren dan Kasat Reskrim terlihat berbinar. Seolah ingin memeluk Briptu Alfian.

Keinginannya itu pun, diwujudkan usai Briptu Alfian selesai membacakan salah satu ayat suci tersebut. ”Selamat, Anda sudah layak menjadi seorang Imam dalam keluarga. Tingkatkan ibadahnya, jaga kerukunan dan keharmonisan keluarga. Selamat ya,” ucap Joko Wicaksono. Hal sama juga dilakukan Kabag Ren dan Kasat Reskrim.

Menurut Wakapolres Tegal Kota, kemampuan membaca ayat-ayat suci Al Qur’an, kini telah diterapkan menjadi salah satu persyaratan wajib yang harus dimiliki tiap personelnya yang beragama Islam, sebelum mengarungi bahtera rumah tangga.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA