Take a fresh look at your lifestyle.

Masyarakat Diminta Waspadai Kebakaran

149

<B>TEGAL<P> – Kebakaran kembali terjadi di wilayah Kota Tegal, Selasa (30/7). Kali ini kebakaran melanda lahan Kompleks CV Prima Logam No.87, Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, peristiwa tersebut diduga terjadi karena puntung rokok yang dibuang sembarangan dan mengenai rumput ilalang yang kering. Tiupan angin kencang juga menyebabkan api cepat merambat ke bagian lahan yang lain, sehingga membakar sekitar 0,5 hektare lahan kosong.

Salah seorang saksi, Lukman mengatakan, ketika mengetahui kejadian tersebut langsung melapor ke petugas. Sejumlah personel pemadam kebakaran langsung menuju ke lokasi kejadian dan berupaya memadamkan api.

“Meski kebakaran tidak sampai menimbulkan korban jiwa, namun sempat menyebabkan warga sekitar panik,” ujar Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Andri Yudi Setiawan.

Menurut dia, dalam upaya penanganan kebakaran tersebut pihaknya menerjunkan dua mobil pemadam kebakaran. Petugas bersama masyarakat berhasil memadamkan kobaran api sekitar pukul 12.30. “Kami meminta masyarakat untuk waspadai kebakaran yang biasa terjadi saat musim kemarau seperti sekarang ini. Mereka juga diharapkan untuk segera melapor kepada petugas apabila terjadi kebakaran, sehingga bisa segera ditangani,” katanya.

Yudi mengemukakan, sebagai bentuk antisipasi kebakaran seharusnya peralatan pemadam kebakaran perlu ada dan disediakan di setiap bangunan gedung seperti mall, super market maupun pasar. Selain itu, juga menyediakan hydran baik hydran gedung, hydran halaman gedung dan hydran kota yang ditempatkan pada beberapa titik yang memungkinkan unit pemadam kebakaran suatu kota mengambil cadangan air. “Kami juga mengimbau agar tidak membuang puntung rokok sembarangan yang bisa berpotensi menimbulkan kebakaran,” katanya.(Wawan Hoed/Red2)

BERITA LAINNYA