Take a fresh look at your lifestyle.

Masyarakat Diminta Mensukseskan Sensus Penduduk 2020

170

PEMALANG – Bupati Pemalang, Junaedi meminta dan menghimbau pada Aparatur Negeri Sipil (ASN) serta semua elemen masyarakat untuk mensukseskan Sensus Penduduk (SP) tahun 2020. Hal itu dilakukan untuk mewujudkan satu data, dimana data tersebut sebagai salah satu dasar untuk mengambil kebijakan pemerintah.

“Menggunakan data adminitrasi kependudukan dari Ditjen Dukcapil sebagai basis data dasar kemudian dilengkapi pada pelaksanaan SP 2020. Upaya ini menjadi langkah penting pewujudan satu data kependudukan Indonesia,” ujar Bupati Pemalang, Junaedi, saat rapat koordinasi SP 2020, yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Stastik (BPS) Pemalang, kemarin.

Dia mengatakan, dengan adanya SP 2020 nantinya diharapkan tidak ada ego sektoral, sebab yang terkait dengan data kependudukan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang diakui. Mewujudkan satu data kependudukan tersebut dalam rangka untuk Indonesia maju. Melalui rakor tersebut, semua instansi dan lembaga yang ada di Pemalang agar memiliki kesamaan visi dan persepsi. Sebab data yang diperoleh nanti menjadi dasar atau landasan dalam pengambilan kebijakan disemua sektor. Untuk itu, data yang nantinya diperoleh, benar benar sesuai dengan data nyata di lapangan. Perlu adanya langkah yang strategis untuk mengatasi kesimpang siuran data, untuk itu presiden telah meluncurkan satu program yaitu Satu Data Indonesia. Bahkan presiden telah mengeluarkan Peraturan presiden (Perpres) terkait satu data tersebut. Selain untuk mengetahui jumlah penduduk disuata wilayah, SP juga bisa untuk mengetahui karakteristik penduduk, sebagai dasar perencanaan dan evaluasi program program pembangunan.

“Melalui forum ini, saya memohon dan mengajak pada semua yang hadir untuk terlibat secara aktif dalam SP 2020. Data SP 2020 ini sangat ditunggu olah banyak pihak, sebab dalam SP ini hanya ada satu data, dimana tidak ada versi data de jure maupun data versi data de facto,” tandas Kepala BPS Pemalang, Prita Rextiana.

Ia mengatakan, SP2020 bisa dikatakan  jembatan menuju Satu Data Kependudukan Indonesia. Sedangkan Satu Data Kependudukan Indonesia  merupakan kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan Data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan. Oleh sebab itu, SP online 2020 merupakan  moment bersejarah bagi  Indonesia. SP online mencatat Indonesia dan akan mewujudkan Satu Data Kependudukan Indonesia. Mari kita dukung sensus penduduk online dengan cara mengisi data diri secara mandiri.(H77/Red_03)

BERITA LAINNYA