Take a fresh look at your lifestyle.

Marak Dipasang Gambar Bakal Calon Bupati

185

PEMALANG – Pelaksanaan Pemilihan Bupati Wakil Bupati (Pilbup) Pemalang tahun 2020 baru akan dilaksanakan pada September 2020. Namun demikian meskipun rentang waktunya masih cukup lama tapi sudah marak pemasangan gambar bakal calon bupati wakil bupati di berbagai sudut baik di kota maupun di pedesaan.

Keadaan tersebut menurut Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Hery Setyawan belum merupakan sebuah pelanggaran lantaran belum masuk tahapan pencalonan.”Saat ini mereka masih tahapan memperkenalkan diri pada masyarakat, makanya penyebutannya masih bakal calon,”kata Hery kemarin.

Kelak apabila sudah penetapan menjadi calon bupati wakil bupati maka sudah ada ketentuan khusus yang mengatur seperti ketentuan ukuran alat peraga kampanye (APK) kemudian lokasi pemasangan dan lain-lain. Karena itu meski saat ini sudah ada bakal calon yang memasang gambarnya di kendaraan, baliho di jalan protokol maupun di tepi-tepi jalan lainnya Bawaslu belum bisa melakukan penertiban.

Menurut Hery jajarannya belum berwenang untuk menertibkan lantaran memang belum ada dasar hukumnya. Menurut dia yang bisa melakukan penertiban adalah Satpol PP dengan dasar aturan Perda nomor 22/2013 tentang Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan (K3).

Namun demikian apabila sudah masuk pada tahapan pencalonan kemudian ada APK-APK yang melanggar maka Bawaslu lanjut Hery memastikan akan melakukan penertiban bersama dengan pihak terkait. Apalagi saat ini Panwas di tiap-tiap kecamatan sudah terbentuk, dilantik dan sekarang mereka tengah menyiapkan sekretariat masing-masing.

 

Sementara itu berdasarkan Peraturan KPU Nomor 15/2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 ada 24 tahapan Pilkada serentak 2020. Antara lain pengumuman pasangan calon (16-18/6), pendaftaran (16-18/6), penetapan pasangan calon (8/7).

Adapun tahapan masa kampanye akan dimulai pada 11 Juli hingga 19 September, debat publik dan debat terbuka, serta kampanye melalui media massa 6-19/9). Selanjunya masa tenang dan pembersihan alat peraga yang dijadwalkan akan digelar pada 20-22 September, serta pemungutan dan penghitungan suara di TPS pada tanggal 23 September 2020.(Ali Basarah)

BERITA LAINNYA