Take a fresh look at your lifestyle.

MAN 2 Brebes Kembangkan Program Robotic

47

BUMIAYU, smpantura.com- Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Kementerian Agama (Kemenag) Ahmad Umar mendukung pengembangan program robotic yang sedang dirintis Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Brebes.

Hal itu disampaikan setelah melihat sejumlah karya yang dipamerkan tim robotic madrasah yang berlokasi di Desa Laren, Kecamatan Bumiayu, Sabtu (3/4). Diantaranya robot untuk menggiring hewan ternak dan robot menari. Lalu juga kemampuan siswa membuat animasi dan mengoperasikan drone.“Saya tidak menyangka madrasah di gunung ini bisa mengembangkan bahkan sudah menelurkan sejumlah karya robotic. Ini luar biasa,” kata dia.

Menurut Umar, robotic merupakan salah satu ciri manusia di abad modern dan revolusi industri 4.0.”Ciri revolusi industri ini adalah aktivitas kegiatan manusia digerakkan oleh robot. MAN 2 Brebes sudah membuktikannya melalui berbagai macam karya robotic,” ujarnya.

Kemenag, lanjutnya, terus mendorong pengembangan robotic di madrasah. Sebab, robotic merupakan bagian dari upaya mengembangkan dan mensingkronkan aspek sains teknologi dan karakter siswa madrasah. Oleh karenanya, pihaknya berharap MAN 2 Brebes yang sudah ditetapkan sebagai madrasah riset, bisa konsisten mengembangkan robotic. ”Ini kan masih rintisan maka harus dikembangkan lebih baik lagi. Kalau konsisten, tahun depan kita tetapkan sebagai madrasah robotic,” kata Umar.

Kepala MAN 2 Brebes Lutfil Hakim mengatakan robotic akan menjadi kelas unggulan yang akan dirintis pada tahun pelajaran 2021/2022. Menurutnya, program pengembangan robotic tersebut bekerjasama dengan Internasional Youth Robot Association (IYRA).”Program unggulan lainnya ada Sains Riset, Animasi dan Tahfidz,” ujarnya.

Menurut Lutfil, program robotic diharapkan memberi rangsangan bagi siswa madrasah untuk mempersiapkan diri menghadapi era industri 4.0.”Siswa madrasah tidak hanya memperdalam keagamaan saja, tetapi juga mempunyai bekal sains dan teknologi menghadapi era industri 4.0,” ujarnya.(T06-red)

BERITA LAINNYA