Take a fresh look at your lifestyle.

Mahasiswa Undip Perkenalkan Kelurahan Kuliner Melalui Ajang Expo

188

PEMALANG – Mahasiswa KKN tim II Undip tahun 2019 ingin mewujudkan kelurahan kuliner sebagai ikon Kelurahan Kebondalem, Kabupaten Pemalang. Pengenalan kelurahan kuliner Kebondalem dilakukan melalui ajang expo yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN tim II di Desa Penggarit, Kecamatan Taman.

“Kami ingin mewujudkan kelurahan kuliner, untuk itu kita melaksanakan tiga program yang dirangkum dalam gerakan revolusi mental. Ketiga program tersebut ialah program Indonesia melayani, Indonesia bersih, dan Indonesia mandiri,” ujar Koordinator desa (Kordes) KKN tim II Undip, di Kelurahan Kebondalem, Gerald Damping, kemarin.

Ia mengatakan, program KKN Revolusi Mental (RM) merupakan bentuk kerjasama antara Undip dengan Kementerian Koordinator dan Pembangunan Manusia Kebudayaan (Kemenko PMK) serta Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (kemenristekdikti). Dengan adanya program Revolusi Mental, pihaknya berharap dapat mengubah karakter perilaku masyarakat setempat supaya lebih bersih dan mandiri. Dengan cara mengimplementasikan nilai dan gerakan revolusi mental. Tiga program tersebut dibagi menjadi tujuh program yang lebih spesifik. Tujuh program itu antara lain pendampingan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), pendampingan Izin Usaha Mikro (IUM), pembentukan Sistem Informasi Desa (SID), pembuatan video, publikasi kegiatan, dan optimalisasi potensi desa.

“Target dari program ini tidak hanya mengupayakan masyarakat menjadi lebih bersih dan mandiri namun juga untuk meningkatkan akses pelayanan publik yang lebih optimal dengan bersinergi bersama perangkat desa. Sasaran dari program itu antara lain pelaku usaha, perangkat kelurahan dan masyarakat umum,” imbuhnya.

Ia menambahkan, dimulai sejak pekan pertama penerjunan mahasiswa ke lokasi Kelurahan Kebondalem mengawali kegiatan dengan survey. Hal itu dilakukan untuk mengetahui usaha, potensi, dan masalah yang sedang dihadapi Kelurahan Kebondalem. Pendampingan pendaftaran PIRT dan IUM dilakukan kepada beberapa pelaku usaha di Kelurahan Kebondalem yang menjadi anggota kelompok UPPKS Bunga Sepatu. PIRT dengan mendaftar untuk mendapatkan sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang. IUM dimulai dengan pengumpulan formulir dan persyaratan, selanjutnya didaftarkan ke kecematan Pemalang sampai dengan dikeluarkan sertifikat IUM.

(Jokowi/red3)

BERITA LAINNYA