Take a fresh look at your lifestyle.

M Prakosa : Sinergi Ultra Mikro Bangkitkan UMKM

79

BUMIAYU, smpantura.com – Anggota Komisi VI DPR M Prakosa mendukung langkah pemerintah membentuk sinergi ekosistem sektor ultra mikro dari tiga perusahaan BUMN yakni BRI, Pegadaian dan PNM. Melalui sinergi ini, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bisa bangkit dan naik kelas.

Hal tersebut disampaikan pada sosialisasi Sinergi BUMN Ultra Mikro kepada pelaku UMKM dan pedagang pasar yang dilakukan secara daring di Hotel Anggraeni Bumiayu, Brebes, Minggu (6/6).“Kami mendukung program pemerintah ini untuk meningkatkan jangkauan layanan kepada pelaku usaha kecil, termasuk pedagang pasar,” kata Prakosa.

Dalam sosialisasi yang dihelat oleh Forum Komunikasi Pemuda Jipang tersebut, Prakosa mengatakan, dari 57 juta pengusaha ultra mikro di Indonesia, baru 20 persen di antaranya yang mendapatkan layanan dari institusi keuangan formal. Sementara, 80 persen segmentasi ekosistem ultra mikro didominasi oleh petani, pedagang tradisional, pemilik toko dan pekerja lepas.”Adanya sinergi ini diharapkan pelaku usaha ultra mikro dapat bangkit dari tekanan dampak pandemi Covid-19 karena mereka merupakan tulang punggung dan kunci pemulihan ekonomi nasional,” ujar politikus PDIP tersebut.

Menurut Prakosa, manfaat dari sinergi BUMN ultra mikro akan dirasakan para pelaku usaha karena mereka bisa mendapat pembiayaan dengan bunga rendah. Sinergi ini juga menjadi solusi untuk melepas ketergantungan pelaku usaha kecil dan masyarakat yang selama ini memanfaatkan layanan keuangan dari rentenir.”Jadi bapak-ibu, manfaatkan pinjaman ultra mikro ini untuk permodalan dan pengembangan usaha,” katanya.

Ketua Forum Komunikasi Pemuda Jipang Nuryanto mengatakan, sosialisasi juga menghadirkan Pimpinan Cabang BRI Bumiayu Steven Dwijaya, Nyoto Margono dari Pegadaian dan Rahmad Sadono dari Permodalan Nasional Madani (PNM) sebagai narasumber.”Mereka memaparkan penjelasan penjelasan mengenai tujuan dan manfaat serta bagaimana mendapatkan pinjaman ultra mikro tersebut,” ujarnya.(T06-red)

BERITA LAINNYA