Take a fresh look at your lifestyle.

LPPM STMIK YMI Gelar Pelatihan Bank Sampah Berbasis Teknologi Informasi

91

TEGAL, smpantura.com – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STMIK YMI Tegal, menggelar sosialisasi dan pelatihan Bank Sampah Berbasis Teknologi Informasi (TI) di Kelurahan Krandon, Margadana, Kota Tegal.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Lurah Krandon Saefudin, Ketua STMIK YMI, Gunawan, SE Ak, MKom serta perwakilan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), Karang Taruna dan Ketua RW.

Menurut Lurah Krandon, Saefudin, minimnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah membuat pihaknya tergerak untuk menggelar pelatihan. Dengan memanfaatkan perkembangan zaman, pihaknya menggandeng LPPM STMIK YMI untuk memberikan pelatihan berbasis TI.

“Sudah saatnya masyarakat melek teknologi dan memanfaatkan perkembangan yang ada. Karena jika dibiarkan, selain tertinggal dampak membuang sampah sembarangan juga berakibat fatal. Baik untuk kesehatan, lingkungan dan berpotensi mengakibatkan bencana,” ujarnya baru-baru ini.

Narasumber LPPM STMIK YMI Tegal, Sarif Surorejo, MKom mengemukakan, sampah memiliki nilai tambah ekonomi jika dikelola dengan baik. Terlebih, apabila dalam pengelolaannya memanfaatkan dengan kemajuan teknologi.

Sebab, sambung Sarif, dengan memanfaatkan TI melalui aplikasi, pengelolaan sampah dapat dilakukan secara transparan dan mudah diakses. Adapun aplikasi pengelolaan sampah itu memuat informasi tentang nama anggota, setoran tabungan, jenis sampah serta pemanfaatan dana atas hasil sampah tersebut.

Lebih lanjut dia menjelaskan, multi guna dalam pemanfaatan pengelolaan sampah berbasis TI ini adalah mendidik masyarakat dengan memanfaatkan kemajuan teknologi gadget dan bertukar informasi sesama anggota pengelola sampah.

“Kedisipilan masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya, serta memilah sampah adalah langkah awal dalam keberhasilan mengelola sampah. Serta perlunya menerapkan sanksi kepada masyarakat yang tidak disiplin karena membuang sampah sembarangan,” bebernya.

Sementara, Ketua STMIK YMI, Gunawan, SE Ak, MKom mengapresiasi kegiatan yang digelar elemen masyarakat Kelurahan Krandon tentang penggunaan secara bijak dalam pemanfaatan teknologi informasi pada gadget.

Dikemukakan Gunawan, STMIK YMI Tegal siap mendampingi masyarakat dalam memanfaatkan teknologi informasi. Tak hanya bidang aplikasi pengelolaan sampah saja, pihaknya juga siap mendampingi elemen masyarakat dalam pelatihan berbasis teknologi informatika dalam bidang lain.

“Kami siap mendampingi pelatihan lainnya. Baik untuk peningkatan kapasitas staf kelurahan atau desa, pengelolaan teknologi informasi Sistem Informasi Desa (SID) serta kegiatan berbasis teknologi informasi lainnya,” tutupnya. (T03-red)

BERITA LAINNYA