Take a fresh look at your lifestyle.

Limbah Cair Diduga B3 Dibuang di Ciregol

167

BUMIAYU– Limbah cair diduga bahan berbahaya beracun (B3) dibuang orang tak bertanggungjawab di lahan kosong sekitar jalan lama Ciregol, Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong, Brebes. Saat ini, Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Kabupaten Brebes telah mengambil sampel untuk diteliti sebelum mengambil langkah lebih lanjut.

Informasi dihimpun, limbah cair tersebut diketahui pada hari Minggu (24/11). Warga setempat Kasro, mengatakan, pada awalnya warga yang beraktivitas di Sungai Pedes mencium bau tak sedap.”Setelah ditelusuri ternyata ada cairan berwarna kuning memenuhi lahan kosong di pinggir jalan lama Ciegol,” katanya.

Dia berharap, instansi terkait dapat segera melakukan tindakan agar tidak ada lagi yang membuang limbah sembarangan.”Baunya sangat menyengat. Kami khawatir ini mengganggu kesehatan warga, terutama kami yang beraktivitas di sekitar lokasi,” ujarnya.

Kepala UPTD DLHPS Wilayah Bumiayu Abdullah Sudrajat, kemarin, mengatakan, sudah mengecek lokasi pada Rabu (27/11). Menurutnya, lokasi temuan limbah cair cukup jauh dari permukiman. Hanya saja, di sekitar lokasi tersebut ada aktivitas penambangan pasir. Adapun luasan area yang terkontaminasi limbah cair tersebut mencapai lebih kurang 200 meter persegi.

Meski harus dibuktikan dengan uji laboratorium, Sudrajat menduga kuat cairan tersebut adalah B3. Hal ini ditandai dengan bau yang sangat menyengat, kemudian tanah terkontaminasi berwarna hitam dan tanaman mati.”Untuk memastikannya kami sudah mengambil sampel untuk dilakukan uji laboratorium. Di lokasi juga ditemukan segel plastik bertuliskan nama sebuah perusahaan,” katanya. Terkait penanganan selanjutnya, pihaknya masih menunggu arahan dari pimpinan. (Teguh Tribowo/Red38)

BERITA LAINNYA