Take a fresh look at your lifestyle.

Lima Kandidat Siap Bersaing Raih Kursi Ketua PAN Brebes

- Terpilih Jadi Formatur di Muscab

56

BREBES – Lima kandidat akhirnya terpilih menjadi formatur, dan siap bersaing dalam meraih kursi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Brebes. Mereka kesemuanya merupakan kader potensial, yang terpilih menjadi formatur dalam Musyawarah Daerah (Musda), Rabu (17/3) lalu.

Kelima kandidat tersebut ditetapkan DPP PAN sebagai formatur, dari jumlah total 16 kader yang mendaftarkan diri. Kelima orang formatur tersebut adalah Zaki Safrudin Prihatin (Ketua DPD PAN Kabupaten Brebes periode 2016-2021), Tobidin (anggota DPRD Brebes), Joni Waluyo SH (anggota DPRD Brebes), Erin Nurulia Suryani dan Suwarno HS (keduanya mantan anggota DPRD Brebes).

“Dari 16 kader yang diusulkan dalam penjaringan formatur, telah terpilih 5 orang dan telah ditetapkan DPP. Sesuai AD/ART partai, mereka bersama kami bertugas melakukan musyawarah untuk menentukan ketua dan menyusun kepengurusan partai di tingkat DPD,” ungkap Perwakilan Utusan Formatur DPW PAN Jateng, Wahyudin Noor Aly, usai rapat internal formatur terpilih, Minggu (21/3).

Dia mengungkapkan, rapat formatur yang dilaksanakan hari ini (kemarin-red), lebih fokus kepada penyusunan formasi kepengurusan partai, dan belum menentukan ketua. Setelah formasi kepengurusan terisi, baru akan menginjak untuk penentuan ketua, dari lima orang formatur tersebut. Sesuai kententuan partai yang baru, nantinya lima formatur dibantu utusan formatur DPW akan menentukan siapa yang menjadi ketuanya. Namun dengan syarat, dalam penentuan ketua itu terjadi musyawarah dan mufakat.

“Artinya, dari enam orang yang berembug ini sudah menentukan satu nama calon ketua. Nama ini yang akan disampaikan ke DPP. Namun ketika tidak terjadi musyawarah mufakat, penetuan ketua ditarik kewenangannya ke DPP. Jadi nanti yang menentukan bukan kami bersama formatur, tetapi DPP langsung,” ungkapnya.

Menurut dia, dari proses tersebut, pihaknya bersama formatur lebih memilih untuk fokus terhadap penentuan komposisi kepengurusan. Itu karena dinilai lebih penting sebagai pondasi partai di daerah. Bahkan, dalam penyusunan format kepengurusan partai, formatur sepakat untuk melibatkan calon formatur lain yang tidak terpilih dalam seleksi. Sebab, mereka juga dinilai mempunyai kemampuan untuk membesarkan PAN kedepan. “Bagi kami semakin kuat pondasinya partainya, maka semakin solid kepengurusannya. Ini yang lebib dibutuhkan ke depan, agar target partai di Pemilu mendatang tercapai,” papar pria yang akrab di sapa Goyud ini.

Lebih lanjut dia mengatakan, pada Pemilu mendatang, DPD PAN Brebes ditargetkan agar mampu meraih 6 kursi DPRD dari semua daerah pemilihan, Artinya, dari 6 daerah pemilihan di Brebes, PAN harus mendapatkan mininal 1 kursi di setiap daerah pemilihannya. Agar target itu bisa tercapai, maka harus diraih dengan kebersamaan dan kesolidan pengurus bersama kader.

“Prinsipnya, dalam rapat formatur ini kami sepakat mengawali dari yang lebih besar terlebih dahulu, yakni menentukan format kepengurusan. Setelah ini terbentuk, baru melangkah ke musyawarah mufakat untuk menentukan ketua. Sebab untuk mencapai target 6 kursi di DPRD, yang dibutuhkan adalah super tim, dan pengurus itu yang menjadi super tim, bukan hanya seorang ketua,”pungkasnya.

(T07_red)

BERITA LAINNYA