Take a fresh look at your lifestyle.

Lima Jam Diguyur Hujan, Puluhan Rumah di Banjarharjo Terendam Banjir

77

BREBES, smpantura.com – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Rabu sore (24/3), menyebabkan puluhan rumah terendam banjir. Banjir yang merendam pemukiman warga ini, melanda tiga pedukuhan di Desa Cikuya, Kecamatan Banjarharjo.

Kepala Desa (Kades) Cikuya, Sekod mengatakan, sebelum banjir itu melanda wilayahnya, sempat turun hujan dengan intensitas tinggi. Hujan turun sejak Rabu siang sekitar pukul 13.00. Akibatnya, Sungai Kabuyutan meluap dan menggenangi pemukiman penduduk. “Banjir ini terjadi karena meluapnya Sungai Kabuyutan,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, ada tiga pedukuhan di desanya yang terdampak banjir. Yakni Dukuh Cariang, Nanggerang dan Dukuh Cikuya. Puluhan rumah warga terendam akibat banjir tersebut. “Ada puluhan rumah di tiga pedukuhan ini yang terendam banjir akibat luapan Kali Kabuyutan,” ungkapnya.

Menurut dia, banjir kali ini merupakan yang terbesar. Sebelumnya meskipun hujan deras terjadi namun tidak mengakibatkan banjir. “Banjir ini mungkin yang paling parah. Sebab, sebelumnya belum pernah terjadi banjir meskipun hujan deras di desa kami,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Dkondisi Kali Kabuyutan yang sudah mulai dangkal dimungkinkan menjadi penyebabnya. Padahal, pihaknya sudah meminta untuk dilakukan normalisasi di kali tersebut. Namun, hinga saat ini belum terealisasi.

“Kami sudah mengusulkan untuk normalisasi Kali Kabuyutan, namun hingga saat ini belum ada tanggapan. Jadi, kami harap pemerintah bisa segera menormalisasi kali ini, sehingga kejadian seperti ini tidak terjadi lagi,” pungkasnya.

(T07-red) 

BERITA LAINNYA