Take a fresh look at your lifestyle.

Lagi, Ombak Besar Hantam Warung di Pantai Kota Tegal

116

TEGAL – Sejumlah warung di tepi Pantai Batam sari, Pantai Pulau Komodo dan Pantai Pulau Kodok, Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, kembali mengalami kerusakan akibat dihantam ombak besar, Minggu (6/12) sore.

Belum diketahui pasti berapa jumlah warung yang terdampak. Hingga kini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tegal masih melakukan assessment di lokasi kejadian.

Menurut Kalak BPBD Kota Tegal, Andri Yudi Setiawan, kejadian tersebut merupakan kali kedua setelah pertengahan Oktober 2020 lalu 37 warung semi permanen rusak diterjang ombak.

“Kami harap penyusunan RIPK di Kota Tegal juga memuat masalah mitigasi bencana. Sehingga kejadian seperti ini tidak ada lagi,” ungkap Yudi melalui pesan Whatsapp.

Dia berujar, letak warung-warung semi permanen tersebut sangat dekat dengan bibir pantai. Hal itu tidaklah sesuai dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 21 Tahun 2018 tentang Batas Sempadan Pantai.

Terpisah, Lurah Panggung, Amin Suseno menyebut, berdasarkan laporan sementara terdapat empat warung yang rusak karwna diterjang ombak. Selain itu, terdapat dua kapal tongkang yang terdampar dan belum ditarik ke tengah.

“Untuk mengantisipasi kejadian ini, kita sudah mengusulkan kepada dinas terkait untuk bisa membuatkan pemecah gelombang. Jika sesuai pemetaan, dibutuhkan sekitar 18 titik,” pungkas Amin.

Sementara, Ketua Pokdarwis Pulo Komodo, Teguh Sapari mengemukakan, kejadian ombak besar dan rob berlangsung sangat cepat. Sehingga dirinya tak sempat menyelamatkan perabot dan isi di warungnya.

Selain berharap ada penanganan sigap dari Pemerintah, pihaknya saat ini juga mengkhawatirkan keberadaan kapal tongkang yang terseret ombak hingga ke tepi pantai.

“Semoga ada penanganan cepat. Karena dikhawatirkan kapalnya semakin mendekat dan bisa menghantam warung,” tandasnya. (*)

BERITA LAINNYA