Take a fresh look at your lifestyle.

Kwarcab Kota Tegal Edukasikan Pentingnya Memakai Masker

Pemberian Sanksi Denda Sedang Dibahas

123

TEGAL – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Tegal melakukan aksi monitoring protokol kesehatan pemakaian masker di kawasan Alun-alun setempat, Selasa (25/8) siang. Hal itu dilakukan, sesaat setelah megikuti upacara virtual peringatan Hari Pramuka ke-59, Kwartir Daerah Jawa Tengah.

Dalam monitoring tersebut, didapati banyaknya masyarakat yang melanggar protokol kesehatan dengan tidak memakai masker. Adapun monitoring, dipimpin langsung Ketua Kwarcab Kota Tegal sekaligus Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi.

Disampaikannya, giat tersebut merupakan arahan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang meminta kepada seluruh Pramuka untuk ikut andil membantu dalam penanganan Covid-19. Ini sekaligus mengimplemantasikan keberadaan Pramuka Kota Tegal yang merupakan bagian dari relawan mandiri Covid-19.

“Pramuka merupakan garda terdepan dalam penanganan pandemi. Pramuka harus bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah serta seluruh elemen masyarakat untuk menangani pandemi,” katanya.

Selain membagikan masker, Pramuka juga memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya menggunakan masker dimasa pandemi. Menurut Jumadi, Pramuka Kota Tegal akan terus menerus, berkeliling baik di pasar, sekolah dan fasilitas publik lainnya, untuk mengedukasi wajib memakai masker.

Terlebih, sambung Jumadi, sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020, kemudian Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 4 Tahun 2020, Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 13 Tahun 2020, bagi para pelanggar akan dikenakan sanksi administratif atau sanksi denda.

“Kita sedang  godog, kira-kira berapa angkanya, jadi sekaligus hari ini kita edukasi mereka. Sekarang kita masih kasih toleransi mereka hanya dengan sanksi-sanksi sosial. Tetapi, ke depan tidak ada kompromi lagi, bagi mereka yang tidak pakai masker, kita akan kenakan sanksi denda,” bebernya. (Haikal/ red10)

BERITA LAINNYA