Take a fresh look at your lifestyle.

Kres Ancelno dan Yustika Terpilih Jadi Duta Wisata Kabupaten Tegal 2019

183

SLAWI – Gelar juara Mas dan Mbak Duta Wiata Kabupaten Tegal 2019 diraih pasangan Kres Ancelno, pelajar MAN 1 Tegal dan Yustika Dianwiyono mahasiswi Poltekkes Kemenkes Semarang. Sementara wakil I diraih pasangan Aghafi Kasatriya mahasiswa UPS Tegal dan Alifia Lareswari mahasiswi Undip Semarang.

Dalam sambutannya, Bupati Tegal Umi Azizah meminta kepada duta wisata Kabupaten Tegal dengan smart personality-nya, harus mampu berperan sebagai influencer atau pribadi yang mampu mempengaruhi minat banyak orang untuk datang berkunjung, berwisata ke Kabupaten Tegal. Terlebih, di era digital internet of things 3.0 yang telah menggeser banyak peran di kehidupan sosial, tak terkecuali duta wisata.

“Peran duta wisata tak ubahnya seperti Nex Carlos, youtubers dengan 1,9 juta subscribers yang memberikan banyak pengaruh di segmen kuliner. Untungnya saat ia ke Slawi untuk mengulas lesehan viral Lamongan bu Anny, sudah kita tutup warungnya, sehingga dampak negatifnya pada citra kuliner Tegal bisa dicegah,” kata Umi Azizah saat membuka acara Grand Final Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Tegal 2019 di Gedung Korpri Slawi, Jumat (9/8) malam.

Umi mengungkapkan, penilaian kandidat duta wisata tidak hanya soal keanggunan fisik ataupun prestasinya semata, tapi juga mengukur kemampuannya sebagai influencer, sebagai public relation yang mampu menepis isu negatif kepariwisataan.

“Isi beranda media sosial kalian dengan unggahan foto, video dan ulasan naratif yang membangkitkan minat publik untuk berwisata kesini,” ujarnya.

Umi juga mencontohkan kiprah youtuber newbie di bidang kebudayaan yang sedang naik daun, yaitu putra almarhum Ki Enthus Susmono, Haryo.

“Meski terbilang baru, subscriber-nya di kanal putra satria laras tembus angka 15 ribu”, katanya.

Duta wisata, imbuh Umi, tidak jauh perannya sebagai content creator, bedanya yang diunggah adalah ajakan untuk berwisata.

Ditemui selepas acara, Kres sapaan akrabnya menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada seluruh keluarga dan sahabat yang sudah mendukungnya sampai meraih gelar Mas Duta Wisata Kabupaten Tegal 2019. (Wiwit/red05)

BERITA LAINNYA