Take a fresh look at your lifestyle.

Kran Keberangkatan PMI Asal Brebes Mulai Dibuka

44

BREBES – Setelah sempat ditutup karena pandemi Covid-19, kini kran keberangkatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Brebes mulai di buka. Hal itu menyusul kebijakan pemerintah pusat yang membuka kran keberangkatan PMI di 17 negara tujuan. Bahkan, saat ini sudah ada PMI asal Brebes yang berangkat dengan tujuan Hongkong sebagai sebagai Asisten Rumah Tangga (ART).

Kepala Dinas Tenaga dan Perindustrian Kabupaten Brebes, Warsito Eko Putro mengatakan, sejak pandemi ada penurunan keberangkatan PMI ke negara-negara tujuan. Penurunan itu karena ditutupnya negara-negara tujuan akibat pandemi Covid-19. Meski sekarang sudah dibuka, tetapi masih ada dua negara tujuan yang hingga kini masih menutup untuk masuknya PMI. “Sudah ada 17 negara di Asia-Pasifik yang menerima PMI. Tapi, masih ada dua negara tujuan yang belum dibuka, yaitu Arab Saudi dan Malaysia,” katanya, Rabu (3/3).

Lebih lanjut dia mengatakan, minat warga di Brebes yang berkeinginan menjadi PMI kini juga mengalami penurunan, seiring adanya pandemi Covid-19. Selain karena negara tujuan ditutup, juga karena para calon PMI mengurungkan niatnya bekerja di luar negeri. Negara tujuan PMI asal Brebes yang sudah menerima mereka di antaranya Singapura, Hongkong, Korea, Jepang, dan Polandia.
“Ada beberapa negara yang sudah kembali membuka untuk PMI. Kami juga sudah menyampaikan ke calon PMI agar terus mengikuti perkembangan terkait kesempatan bekerja di negara tujuan,” pungkasnya. (*)

BERITA LAINNYA