Take a fresh look at your lifestyle.

KPU Usulkan Anggaran Pilkada Rp 93 M

57

SLAWI,smpantura.com – KPU Kabupaten Tegal mengajukan anggaran Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tegal tahun 2024 sebesar Rp 93 miliar (M). Anggaran itu digunakan untuk seluruh tahapan Pilkada dari awal hingga akhir. Namun, dana itu belum termasuk dalam pengamanan Covid-19.

Anggota KPU Kabupaten Tegal Bidang Teknis Penyenggaraan Pemilu, Fasikhin mengatakan, anggaran Pilkada diajukan sejak 2020 lalu, dan baru dibahas dalam Pansus V DPRD Kabupaten Tegal tentang Dana Cadangan Pilkada Kabupaten Tegal. Anggaran tersebut digunakan untuk tahapan awal hingga akhir, dan hitungan untuk lima calon. Diagendakan pelaksanaan Pilkada pada 27 November 2024.

“Tahun sebelumnya dianggarkan Rp 34 miliar,” katanya.

Anggota Pansus V DPRD Kabupaten Tegal, M Khuzaeni menuturkan, sesuai dengan RPJMD Kabupaten Tegal bahwa dana cadangan dianggarkan Rp 60 miliar. Sedangkan, KPU mengajukan Rp 93 miliar dan Bawaslu Rp 22 miliar. Anggaran itu belum termasuk pengamanan dari kepolisian, dan TNI.

“Anggaran yang diajukan KPU belum sharing dengan provinsi, karena Pilkada serentak yang didalamnya ada Pemilihan Gubernur,” ujarnya.

Ditambahkan, anggaran pengamanan baik Polri dan TNI belum dibahas. Namun, periode sebelumnya Polri dianggarkan Rp 1,2 miliar, dan TNI Rp 600 juta. Dalam pembahasan itu juga ada perbedaan penganggaran di Linmas. KPU menganggarkan untuk Linmas dalam Rp 600 ribu dan Linmas luar Rp 80 ribu.

“Masih dibahas, mintanya disamakan,” pungkasnya. (T05-Red)

BERITA LAINNYA