Take a fresh look at your lifestyle.

KPU Pemalang Tetapkan 50 Caleg Terpilih

141

PEMALANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pemalang akhirnya menetapkan 50 orang calon legislatif terpilih dari enam daerah pemilihan (dapil). Selain itu KPU Pemalang juga menetapkan perolehan alokasi kursi untuk masing masing partai politik (parpol) sesuai dengan perolehan suaranya.

“KPU Pemalang sudah menggelar rapat pleno yang dihadiri oleh Bawaslu Pemalang, saksi partai politik dalam rangka penetapan calon anggota legislatif terpilih untuk periode 2019-2024 mendatang. Rapat digelar secara terbuka dan berjalan lancar tanpa ada keberatan dari para saksi maupun Bawaslu Pemalang,” ujar Ketua KPU Pemalang, Mustaghfirin, kemarin.

Dia mengatakan, dalam kesempatan tersebut disampaikan perolehan kursi tiap partai politik. Persebaran perolehan kursi disetiap daerah pemilihan disampaikan oleh KPU Pemalang. Di daerah tersebut ada enam dapil dengan alokasi kursi yang bervariasi. Dapil Pemalang satu dan dua masing masing ada tujuh kursi. Dapil tiga dan enam masing masing delapan kursi, dapil sembilan ada sembilan kursi sedangkan dapil lima ada 11 kursi. Terkait dengan perolehan kursi terbanyak yaitu PDIP 15 kursi, PKB sembilan kursi, PPP tujuh kursi. Untuk partai Gerindra dan Golkar masing masing enam kursi, sedangkan partai Nasdem satu kursi. KPU Pemalang langsung menetapkan 50 nama calon legislatif terpilih, selanjutnya mereka berhak dilantik.

“Sebelumnya penetepan perolehan kursi atau penetapan anggota legislatif diundur sebab Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pemalang menunggu surat dari Mahkamah Konstitusi (MK) melalui KPU RI. Surat yang dimaksud yaitu Buku Registrasi Perseliaihan Konstitusi (BRBK) yang isinya menerangkan bahwa daerah tertentu tidak ada sengketa,” tambahnya dalam berita sebelumnya.

Ia mengatakan, berdasarkan surat edaran dari KPU RI tertanggal 4 Juli lalu yang mengistruksikan pada seluruh KPU provinsi maupun KPU kabupaten untuk mengundur penetapan legislatif. Apabila sesuai tahapan di Peraturan KPU (PKPU) penetapan kursi legislatif seharusnya pada tanggal 1 Juli lalu, tetapi pada tanggal itu KPU belum menerima BRBK.(Jokowi/red_77)

BERITA LAINNYA