Take a fresh look at your lifestyle.

KPU Brebes Kesulitan Akses DPB

77

BREBES, smpantura.com – Salah satu tugas rutin KPU adalah melakukan rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) setiap bulannya. Namun karena bukan bagian dari tahapan Pemilu, KPU Kabupaten Brebes cukup kesulitan mendapatkan akses data tersebut. Hal ini dikarenakan selain masalah anggaran dan tidak adanya badan ad hoc, juga karena tertutupnya akses ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). 

Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi Jumat (30/4) yang dipimpin Ketua KPU Kabupaten Brebes M Riza Pahlevi. Menurut Riza, terkait kendala itu, KPU tidak akan kehilangan akal untuk mendapatkan data yang dibutuhkan.

“Segala akses kita cari, agar data kita selalu update dan valid. Dan ternyata kita tetap dapat melakukan up date data setiap bulannya,” katanya usai rakor.

Langkah-langkah itu, jelas dia, di antaranya adalah dengan tetap koordinasi dengan Dinas Dukcapil Kabupaten Brebes, Bawaslu, serta dinas terkait lainnya. Termasuk terjun langsung ke desa-desa, yang juga memiliki data kependudukan.

Sementara Divisi Data dan Informasi, M Muarofah MKom mengatakan, dalam update terakhir hanya ada kenaikan jumlah pemilih sebesar 97 orang. Mereka berasal dari 169 potensi pemilih baru, dan 72 orang yang TMS. Seperti diketahui, pemilih pada bulan sebelumnya adalah 1.518.176 dan berdasarkan update terbaru menjadi 1.518.273.

“Rakor ini kita gelar secara internal, tanpa melibat intansi terkait. karena ada perubahan surat KPU terkait DPB ini,” ungkapnya.

Namun demikian, lanjut dia, setiap tiga bulan sekali rakor dilakukan dengan melibatkan dinas dan instansi terkait, agar data yang diperoleh semakin update.

(T07-red) 

BERITA LAINNYA