Take a fresh look at your lifestyle.

Kopi Pemalang Diharapkan Selalu Disajikan Saat Acara Pemda

119

PEMALANG – Kopi Pemalang yang berasal dari Kecamatan Pulosari diharapkan selalu disajikan dalam setiap kegiatan pemerintah daerah (Pemda). Hal itu dilakukan agar kopi Pemalang memasyarakat sehingga masyarakat bangga dengan produk lokal yang digadang gadang bisa menjadi salah satu produk unggulan itu.

“Kami dari komunitas Kerabat Kopi Ikhlas selalu berusaha mengangkat kopi Pemalang agar lebih dikenal oleh masyarakat baik lokal maupun dari luar daerah. Rencananya pada bulan Agustus mendatang menggelar kegiatan festival kopi Pemalang, dalam rangka mengangkat kopi lokal, ” ujar Ketua Panitia Festival kopi Pemalang, Wahyu Widodo, usai menggelar halal bihalal bersama komunitas Kerabat Kopi Ikhlas, di Plaza Coffee Resto, Petarukan, baru baru ini.

Ia mengatakan, rencananya komunitas Kerabat kopi Ikhlas adakan festival kopi Pemalang. Tema yang yang diambil yaitu bersama membangkitkan kopi Pemalang untuk Indonesia. Festival yang mengkolaborasikan antara budaya dan industri kreatif di Pemalang dikemas dengan hiburan yang memiliki pendidikan serta tujuan yang dapat dinikmati oleh semua elemen. Festival tersebut diharapkan mampu membangkitkan rasa nasionalisme dan rasa kepemilikan Pemalang. Selain itu dengan gelaran itu, mampu memberikan kontribusi positif untuk eksistensi industri kopi dan perdagangan kopi Pemalang di mata nasional. Pada festival itu, pihaknya ingin mempertemukan semua pelaku dan penggiat kopi dari hulu hingga hilir. Bahkan apabila memungkinkan akan mengumpulkan penggiat seni dan budaya serta komunitas yang mendedikasikan untuk kejayaan kopi Pemalang di tingkat nasional. Khusus untuk anggota Kerabat Kopi Ikhlas memiliki beberapa target yang ingin dicapai. Capaian yang dingin diraih antara lain untuk jangka menengah, pihaknya ingin kopi Pemalang bisa dihadirkan dalam setiap event dan acara di pemerintah daerah. Selain itu, pihaknya ingin mewujudkan eco wisata kopi di Pemalang, sebab potensinya ada untuk dikembangkan.

“Saya selaku Ketua Komisi B, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pemalang mendukung semua langkah langkah yang dilakukan berbagai komunitas dalam rangka memajukan kopi Pemalang. Kami dari dewan juga sudah melakukan kunjungan ke daerah Kecamatan Pulosari yang menjadi sentra pertanian dan produksi kopi Pemalang, tandas Ketua Komisi B DPRD Pemalang, Fahmi Hakim.

Ia mengatakan, pemerintah daerah serius dan konsen untuk mengangkat serta mengembangkan kopi Pemalang. Berbagai program sudah disiapkan dalam rangka mengangkat dan memasyarakatkan kopi lokal Pemalang. Pemerintah akan menggarap industri kopi dari hulu hingga hilir. Harapannya adanya campur tangan dari pemerintah, para pelaku industri kopi baik dari tingkat petani, pengolah, penjual hingga tingkat penyededuh bisa menikmati hasil yang maksimal sehingga membawa kesejahteraan untuk semuanya.(T08-red)

BERITA LAINNYA