Take a fresh look at your lifestyle.

Koper Calon Jemaah Haji Siap Dikirim ke Donohudan

195


SLAWI – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal , Kamis (18/7) ini akan mengirimkan koper milik 1.006 calon jemaah haji Kabupaten Tegal ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal, Sukarno menyebutkan, koper-koper berwarna  jingga ini akan dikirim ke Donohudan dengan menggunakan dua armada truk. 
“Kamis sore akan dikirim dengan menggunakan dua truk besar,”kata Sukarno, kemarin. 

Sukarno menyebutkan, para calon jemaah haji mengumpulkan koper ke Kantor Kementerian Agama sejak Senin (15/7). Pengumpulan dilakukan selama tiga hari hingga Rabu (17/7). 

Dari pantauan Suara Merdeka ,  sejumlah petugas menurunkan ratusan koper dari dalam mobil pick up dan truk. Koper dikirimkan oleh sejumlah KBIH ke aula Kantor Kementerian Agama, yang berada di Slawi. Namun, ada juga calon jemaah haji yang datang langsung untuk menyerahkan koper berukuran besar itu. 

Mengenai barang bawaan di penerbangan, Sukarno telah mengingatkan calon jemaah haji agar mematuhi aturan yang telah ditetapkan. 
Menurutnya, untuk koper besar dibatasi berat maksimum 32 kilogram. Jemaah juga dilarang membawa uang , barang berharga di dalam koper besar. “Untuk rokok maksimum 200 batang, tidak boleh membawa barang yang mudah terbakar seperti korek api, kompor dan tabung gas serta tidak boleh membawa cairan yang bersifat korosif dan beracun seperti accu, air raksa dan cuka,”jelasnya. 

Sukarno menambahkan, membawa benca cair sepeti minyak goreng, kecap, madu, sambal cair, dan air juga tidak diperbolehkan dalam penerbangan. Termasuk tidak boleh membawa bahan peledak , membawa benda tajam dan benda pengumpul air seperti ember, teko dan jerigen. 
Salah seorang calon jemaah haji, Nurhibah (65) menyebutkan, dirinya  mengumpulkan koper besar sejak Selasa (16/7) lalu. Ia mengaku hanya membawa perlengkapan ibadah haji dan barang-barang yang dibutuhkan. 
“Tidak bawa macam-macam. Beratnya kurang dari 32 kilogram,”tutur warga Kudaile ini.

(sari/ red38)

BERITA LAINNYA