Take a fresh look at your lifestyle.

Kopek dan ETLE Cocok dengan Program Pemkab Pemalang

77

PEMALANG – Pemerintah Kabupaten Pemalang akan berkerjasama dengan Polres Pemalang dalam menjalankan program digital. Wakil Bupati Mansur Hidayat mengatakan peluncuran Kamera Portable Pemnindakan Kendaraan Bermotor atau Kopek dan tilang elektronik atau ETLE sejalan atau cocok dengan program Pemkab yaitu pemanfaatan teknologi digital.

“Program kita adalah program digital, tentunya ini sangat cocok dengan program yang telah dilaunching oleh Kepolisian,” ungkap Wakil Bupati.

Sementara itu Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho mengatakan Polres Pemalang menambahkan 15 Kopek.

“Kopek merupakan inovasi Ditlantas Polda Jawa Tengah untuk menunjang efektivitas tilang elektronik atau ETLE,” jelas Kapolres.

Melalui ETLE dan Kopek, petugas akan melakukan perekaman semua jenis pelanggaran, antara lain pelanggaran alat pemberi isyarat lampu lalu lintas (APIL), marka jalan, tidak mengenakan sabuk pengaman. Kemudian pelanggaran menggunakan ponsel saat berkendara, melawan arus lalu lintas, pelanggaran rambu-rambu larangan, pelanggaran tidak menggunakan helm dan bonceng lebih dari satu bagi pengendara sepeda motor.

“Tujuannya untuk menghapus dan meniadakan transaksi secara langsung antara petugas dan pelanggar, karena dengan sistem ini pelanggar langsung bertransaksi dengan pihak bank,” imbuh Kapolres.(P11-red)

BERITA LAINNYA