Take a fresh look at your lifestyle.

Kontingen Jamda Siapkan Tari Sedekah Laut dan Makanan Khas Tegal

249

SLAWI- Sebanyak 32 peserta Pramuka Penggalang dari Gugus Depan SMP/MTs se-Kwarcab Tegal akan mengikuti Jambore Daerah (Jamda) XV di Bumi Perkemahan Mustika, Desa Punden, Kecamatan Blora, 26 sampai dengan 31 Agustus mendatang.

Kontingen Jamda dilepas keberangkatannya oleh Ketua Kwarcab Tegal, Widodo Joko Mulyono di Sanggar Pramuka Slawi, Jumat (23/8). Pelepasan kontingen dihadiri andalan dan pembina pramuka Kwarcab Tegal.

Sekretaris Organisasi dan Hukum Kwarcab Tegal, Nur Khakim menyebutkan, kontingen Jamda terdiri atas 16 penggalang putra dan 16 penggalang putri.

Selama enam hari pelaksanaan Jamda, mereka akan mengikuti berbagai kegiatan bersama kontingen se-Jateng. Diantaranya zona adventure, scouting skill, pramuka peduli, zona kekinian dan  zona integritas.

Kontingen Kwarcab Tegal juga akan mengikuti pentas budaya dengan menampilkan Tari Sedekah Laut. Sedekah laut menjadi tradisi masyarakat nelayan di Tegal. Tari ini diperagakan peserta pada saat upacara penglepasan kemarin.

“Kami juga akan membawa makanan khas Tegal , seperti pilus, antor dan teh poci gula batu. Makanan khas ini akan  dipromosikan kepada kontingen daerah lain,”jelas Nur Khakim, kemarin.

Kontingen juga akan membangun gerbang poci sabagai salah satu upaya mengenalkan tradisi warga Tegal yang menyukai minum teh poci.

Jamda XV akan dibuka Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka Kwarda Jateng  dan dihadiri Ketua Kwarda Jateng, Atikoh Ganjar Pranowo,  pada 27 Agustus mendatang.

Pada acara itu, selain melepas keberangkatan kontingen Jamda, Kakwarcab sekaligus melepas peserta Festival Teknologi Tepat Guna yang akan mengikuti kegiatan di Kampung Samin Blora pada 26 sampai dengan 29 Agustus 2019.

Mewakili Kwarcab Tegal ke ajang tersebut lima siswa dari SMA 2 Slawi, yang terdiri atas dua putra dan tiga putri. Mereka merupakan anggota Saka Widya Budaya Bakti  dari Pangkalan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal.

Selain itu melepas kontingen Pertihusada , yang akan mengikuti kegiatan di Sambiroto, Cilongok, Kabupaten Banyumas pada tanggal 8 sampai dengan 13 September 2019. Peserta yang diberangkatkan mengikuti Pertihusada sebanyak 20 orang Pramuka Saka Bakti Husada,  terdiri atas 10 putra dan 10 putri dari Pangkalan Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal.

Kakwarcab Tegal, Widodo Joko Mulyono berharap, kontingen Kabupaten Tegal agar membawa nama baik daerah sekaligus mengenalkan potensi daerah kepada kontingen dari daerah lain. (Sari/Red 6)

 

 

BERITA LAINNYA