Take a fresh look at your lifestyle.

Komunitas Ojek Online Geruduk Kantor PKS Tegal

212

TEGAL – Puluhan pengemudi ojek online dari sebuah komunitas menggeruduk Kantor DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Tegal, Rabu (8/4) siang. Mereka menyampaikan aspirasi, terkait dampak kebijakan penerapan isolasi wilayah di Kota Bahari.

Ketua Komunitas Ojek Online (Ojol) Tegal, Muhammad Slamet Sulistyo mengatakan, pendapatan pengemudi online menurun drastis paska diterapkan isolasi wilayah, 30 Maret 2020 lalu.

Mereka mengaku, kesulitan mendapat orderan seperti hari biasa. Bahkan, dalam sehari para ojol hanya bisa mendapat tiga orderan, mengingat banyak beberapa jalan yang ditutup dan dialihkan.

“Bisa dapat tiga orderan Alhamdulillah. Meski nantinya hanya cukup untuk makan, belum bensin. Ada juga dari kami yang malah seharian tidak dapat orderan dan bingung kalau pulang tidak bawa apa-apa,” ungkapnya.

Ditambahkan dia, melalui PKS para pengemudi ojol berharap dapat menyalurkan suara mereka kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal. Terlebih, dalam waktu dekat Pemkot akan memberikan bantuan kepada warga yang terdampak isolasi wilayah.

Mereka berharap, anggaran Rp 27,5 Miliar untuk Jaring Pengaman Sosial sekitar Rp 9,7 Miliar dapat diberikan kepada pengemudi ojek online. Sebab, para komunitas pengemudi ojek online tidak termasuk dalam sasaran Jaring Pengaman Sosial.

“Melalui pertemuan ini, kami berharap Pemkot bisa memasukkan ojol sebagai salah satu penerima. Apalagi selama ini sudah ada kerjasama antara Pemkot dengan ojol dalam layanan Dukcapil, berupa pengantaran Kartu Keluarga, KTP dan Akta Kelahiran,” imbuhnya.

Sementara, Ketua DPD PKS Kota Tegal, Amiruddin Lc mengaku turut prihatin dan mendoakan kondisi ini tidak berlarut-larut. Pihaknya juga siap memfasilitasi agar Pemkot dan penyedia layanan transportasi online bisa memberikan perhatian kepada para pengemudinya.

Selain itu, Amiruddin juga menghimbau kepada komunitas ojol untuk bisa mencari pekerjaan alternatif lain di tengah kondisi yang serba sulit ini.

“Wajar mereka menyampaikan aspirasi ini. Di sini, peran pemerintah sangat dibutuhkan dan dituntut peduli kepada rakyat kecil, tak terkecuali para pengemudi Ojol. Karena, banyak warga yang terbantu dengan keberadaan ojol ini,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, puluhan driver ojol yang hadir berkesempatan menerima bantuan dari PKS Kota Tegal. Mereka memperoleh paket bantuan berupa masker, hand sanitizer dan suplemen kesehatan, agar mereka senantiasa memiliki stamina yang prima. (Haikal/red10)

BERITA LAINNYA