Take a fresh look at your lifestyle.

Kompleks Peternakan Ayam di Brebes Ludes Kebakaran

151
  • Pemilik Rugi Hingga Rp 1,2 Miliar

BREBES – Komplek peternakan ayam di Kelurahan Limbangan Wetan, Kecamatan/ Kabupaten Brebes ludes kebakaran, Jumat siang (22/11). Dalam kejadian itu, dilaporkan tidak ada korban jiwa. Namun pemilik peternakan diperkirakan mengalami kerugian hingga mencapai Rp 1,2 miliar.

Informasi yang di himpun Suara Merdeka di lapangan menyebutkan, kebakaran itu terjadi sekitar pukul 11.00. Diduga api bersumber dari rumput alang-alang yang berada di belakang kompleks peternakan terbakar. Akibat tertiup angin, api makin membesar dan merembet ke kandang ayam. Sebanyak dua kandang ayam berukuran besar ludes terbakar, bahkan rata dengan tanah. Beruntung kondisi kandang ayam kosong, karena pemilik belum lama telah memanen ternaknya tersebut.

Kebakaran tersebut juga memancing perhatian warga sekitar. Ratusan warga berdatangan ke lokasi kejadian. Bahkan, peristiwa itu menyebabkan jalur menuju obyek wisata pantai Randusanga Indah Brebes yang berada di depan kompleks peternakan ditutup. Pengendara harus putar balik karena jalan ditutup untuk proses pemadaman kebakaran oleh dua unit mobil pemadam kebakaran.

“Api merambat cepat ke kandang ayam ini. Diduga api berasal dari rumput kering di bagian belakang kandang yang terbakar,” ungkap Duladi (42), warga setempat yang ikut memadamkan api.

Dia mengatakan, warga awalnya mengetahui ada kebakaran dari kepulang asap yang muncul. Melihat itu warga kemudian berdatangan dan langsung melaporkan ke petugas pemadam kebakaran. Sebanyak dua unit mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi kejadian, termasuk satu unit mobil watercanon milik Polres Brebes. Satu jam lebih, petugas bersama warga melakukan upaya pemadaman api. Berentung saat itu hujan lebat turun, sehingga mempercepat proses pemadaman api. “Untungnya hujan turun, jadi api cepat dipadamkan. Tapi, semua kandang ludes terbakar, hanya menyisakan bangunan untuk penjaga peternakan,” terangnya.

Sementara, Pemilik Peternakan Ayam Hartono (50), warga Pesangrahan, Kelurahan Pasarbatang Brebes mengatakan, sebanyak dua kandang ayam miliknya ludes kebakaran. Padahal untuk satu kandang itu ukurannya 200 meter x 10 meter. Kendati demikian, kondisi kandang saat kebakaran kosong dan pihaknya baru berencanan akan mengisi dengan bibit ayam minggu depan. “Saya tahu kandang ayam ini kebakaran dari laporan pekerja. Kondisi kandang memang kosong dan dalam proses perbaikan untuk diisi bibit lagi. Akibat kebakaran ini saya mengalami kerugaian mencapai Rp 1,2 miliar,” pungkasnya.

(Setiawan-red2)

BERITA LAINNYA