Take a fresh look at your lifestyle.

Komisi IV Klarifikasi Dinkes Soal Pengadaan Masker

222

SLAWI – Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal mengundang Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal untuk klarifikasi pengadaan 1 juta masker dalam percepatan penanganan Virus Korona (Covid-19) di Ruang Banggar DPRD Kabupaten Tegal, Senin (27/4). Dalam klarifikasi itu, Dinkes melibatkan sekitar 152 UMKM untuk memproduksi 1 juta masker.

Klarifikasi tersebut dipimpin Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal, Hj Noviatul Faroh dan dihadiri beberapa anggotanya serta Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal, dr Hendardi dan beberapa pegawainya.

“Hasil klarifikasi bahwa Dinkes telah melibatkan Dinas UMKM untuk meminta data UMKM yang akan mengerjakan pembuatan masker,” kata Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal yang akrab disapa Hj Novi itu.

Dijelaskan, UMKM yang dilibatkan dalam pembuatan masker sebanyak 16 UMKM. UMKM itu diberikan target dan jatah waktu untuk pembuatan masker. Namun, dalam perjalanannya UMKM tersebut keteteran dalam memenuhi target, sehingga melibatkan UMKM lainnya untuk membantu membuat masker. Dalam perkembangannya, sebanyak 152 UMKM terlibat dalam pembuatan masker dan sudah mengantongi Surat Pesanan (SP).

“Dari jumlah 152 UMKM yang miliki SP target 1 juta masker sudah terpenuhi, sehingga Dinkes menutup pesanan masker sejak 22 April 2020,” terang Ketua Fraksi PKB Kabupaten Tegal itu.

Namun demikian, lanjut dia, secara fisik masker yang sudah disetorkan ke Dinkes baru 400 ribu. Sedangkan sisanya masih dalam proses pembuatan di UMKM. Dinkes memberikan jangka waktu penyetoran masker bagi UMKM yang mengantongi Surat Pesanan (SP) pada 30 April 2020. Jadi, bagi UMKM yang memiliki SP tetap melanjutkan pekerjaannya hingga batas waktu tersebut. Sementara itu, untuk pembayaran penyetoran tahap pertama akan dilakukan pada pekan ini. Sedangkan, tahap kedua akan dibayarkan setelah UMKM mendapatkan Surat Perintah Kerja (SPK) dan menyetorkan semua pesanan masker.

“Kami berharap pengadaan 1 juta masker ini bisa bermanfaat untuk pencegahan Virus Korona,” harapnya.

Ditambahkan, Dinkes akan mendistribusikan masker yang sudah disetorkan dari UMKM kepada Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tegal. Sedangkan, proses pendistribusian masker kepada masyarakat melalui Gugus Tugas Covid-19. (Wiwit-red03)

BERITA LAINNYA