Take a fresh look at your lifestyle.

Komdis PSSI Jatuhi Hukuman Bagi Suporter PPSM Magelang

193

Komdis PSSI Jatuhi Hukuman Bagi Suporter PPSM Magelang
– Imbas Ngamuk di Stadion Karangbirahi

BREBES – Komisi Disiplin (Komdis) Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Tengah, akhirnya menjatuhkan sanksi bagi para suporter PPSM Magelang atas ulahnya yang memincu kerusuhan di Stadion Karangbirahi Brebes, pekan lalu. Mereka mengamuk saat laga kedua kompetisi Liga 3 Jawa Tengah antara Persab Brebes melawan PPSM Magelang di Stadion Karangbirahi, Minggu 21 Juli lalu.

Melalui surat bernomor 09/LIGA 3/KD-JATENG/VII/2019 tertanggal 27 Juli 2019, Komdis Asprov PSSI Jawa Tengah menjatuhkan hukuman larangan memasuki stadion bagi suporter PPSM Magelang pada saat kesebelasannya (PPSM Magelang-red) bertanding baik home dan away, selama satu tahun di setiap tingkatan kompetisi di lingkungan PSSI. Sanksi yang dijatuhkan itu berlaku sejak ditetapkannya putusan Komdis, dan hukuman tersebut juga tidak dapat dibanding, berdasarkan pasal 119 Kodes Disiplin PSSI tahun 2018.

Dalam surat yang ditandatangani Ketua Komdis Asprov PSSI Jawa Tengah, Yakub Adi Krisanto itu, dijelaskan juga Komdis Asprov PSSI Jateng yang beranggotakan enam orang, telah menemukan fakta berupa tingkah laku buruk dan perbuatan yang tidak patut yang melanggar Kode Disiplin dan Regulasi Liga 3 Jawa Tengah tahun 2019. Tingkah laku buruk dan perbuatan dimaksud, dilakukan oleh pendukung (suporter-red) PPSM Magelang. Yaitu, tidak mengindahkan sikap sportif, respect dan fair play, karena mereka melakukan kerusuhan dan kekerasan di stadion pada saat pertandingan antara Persab Brebes melawan PPSM Magelang 21 Juli lalu, di Stadion Karangbirahi Brebes. Tingkah laku buruk tersebut melanggar pasal 44 Regulasi Liga 3 Jawa Tengah 2019 dan Pasal 70 ayat (1) Kode Disiplin PSSI 2018.

Anggota Komdis Asprov PSSI Jawa Tengah, Heri Fitriansyah membenarkan, jika Komdis Asprov PSSI Jawab Tengah telah mengeluarkan surat keputusan pemberian hukuman bagi pendukung PPSM Magelang atas insiden yang terjadi di Stadion Karangbirahi Brebes. “Ya Komdis sudah emngeluarkan keputusan melalui surat resmi terkait insiden di Karangbirahi Brebes,” ujarnya singkat.

Seperti diberitakan sebelumnya, Laga Persab Brebes melawan PPSM Magelang dalam kompetisi liga 3 Jateng, di Stadion Karangbirahi Brebes, berakhir rusuh, Minggu sore (21/7). Kerusuhan terjadi akibat suporter kedua kesebelasan berlibat tawuran. Mereka saling serang dengan leparan batu saat pertandingan masih berlangsung. Dalam kejadian itu, belasan suporter di kedua belah pihak mengalami luka-luka karena terkena lemparan batu. Empat orang suporter terpaksa dilarikan ke RSUD Brebes karena mengalami luka cukup parah di bagian kepala.

Selain itu, sejumlah fasilitas di dalam stadion juga rusak akibat amukan suporter PPSM Magelang. Sejumlah kac di dalam stadion pecah karena terkena lemparan batu. Sementara di luar stadion, beberapa mobil yang terpakir juga rusak karena terkena lemparan bantu, termasuk bus tim Persab Brebes. Kerusuhan itu terjadi saat pertandingan memasuki babakkedua. Hasil pertandingan saat itu, sementara Persab unggul 1-0 atas tamunya PPSM Magelang. Atas keadaan tersebut pertandingan akhirnya dihentikan wasit.

(Setiawan/ red38)

BERITA LAINNYA