Take a fresh look at your lifestyle.

KKN UPGRIS Gelar Ulujami Expo

222

PEMALANG – Mahasiswa Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) yang melakukan Kerja Nyata (KKN)  di desa-desa di Kecamatan Ulujami menggelar kegiatan Ulujami Expo. Kegiatan yang dipusatkan di lapangan Desa Rowosari, Kecamatan Ulujami  tersebut sekaligus sebagai penarikan mahasiswa KKN.

 

Bupati Pemalang,Junaedi yang diwakili Kepala Bappeda Supa’at mengatakan KKN UPGRIS diharapkan dapat menyejajarkan masyarakat di desa dan di kota. Supa’at menilai KKN mahasiswa UPGRIS Semarang memiliki dampak besar. Menurut dia Kabupaten Pemalang saat ini sedang berupaya menciptakan Desa Mandiri.

Karena itu sesuai dengan tema KKN UPGRIS di Kecamatan Ulujami tahun ini, yaitu tentang literasi digital, KKN diharapkan dapat mensejajarkan masyarakat di desa dengan di kota dalam hal literasi digital.”Secara umum KKN diharapkan dapat mempercepat pembangunan di tingkat pedesaan,”kata Supa’at.

Lebih lanjut dia mengatakan berdasarkan hasil evaluasi dan monitoring yang dilakukan oleh Bappeda bersama komponen pemerintahan yang ada di kecamatan dan desa, diperoleh fakta bahwa masyarakat memperoleh pengetahuan dan keterampilan dari kegiatan KKN. Selain itu, hasil karya mahasiswa KKN juga dinilai memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Berangkat dari hal tersebut, Supa’at berkeyakinan jika kebermanfaatan KKN bisa terus dirasakan setiap tahun secara berkesinambungan, maka akan terjadi percepatan terciptanya Desa Mandiri.

Sementara itu Dekan Fakultas Teknik UPGRIS Slamet Riyadi mengatakan, Kabupaten Pemalang sebagai lokasi KKN adalah sesuatu yang baru bagi mahasiswanya.“Harapan kami, ke depan kalau memungkinkan, kami sangat siap untuk KKN di Kabupaten Pemalang pada periode berikutnya”, kata dia.

Slamet juga berharap apa yang sudah dilakukan mahasiswa UPGRIS selama KKN bisa bermanfaat, bukan hanya yang secara fisik langsung kelihatan, tapi paling tidak bisa menginspirasi warga di lingkungan KKN.

Adapun kegiatan Ulujami Expo merupakan kegiatan penarikan mahasiswa KKN sekaligus expo KKN UPGRIS di wilayah Kecamatan Ulujami. Acara berupa gebyar expo dan kreasi seni bertujuan untuk mewujudkan desa mandiri melalui optimalisasi literasi digital. Dalam kesempatan itu juga digelar deklarasi Masyarakat Ulujami Anti Hoax.(Ali Basarah)

BERITA LAINNYA