Take a fresh look at your lifestyle.

Khawatir Banjir, Warga Tepi Kali Comal Ronda

290

PEMALANG – Warga di tepi aliran Kali Comal mulai dari Kecamatan Ampelgading, Comal hingga Ulujami melakukan ronda malam pada Jumat (7/2). Mereka melakukan hal tersebut dalam rangka waspada akan bahaya banjir.

Kepala Desa Pesantren, Kecamatan Ulujami, Nurohim mengatakan warganya ronda dan terus memantau perkembangan debit air Kali Comal.”Debit air Kali Comal naik perlahan-lahan dan arusnya cukup deras,”kata Nurohim.

Dengan kegiatan ronda lanjut dia maka apabila terjadi banjir, warga bisa bersiap lebih awal. Kekhawatiran banjir ini lantaran hujan terus mengguyur wilayah mereka sejak sore dan hingga pukul 21.00 tak kunjung reda.

 

Sementara itu Camat Ulujami Yanuarius Nitbani mengatakan hujan dalam waktu lama dan naiknya debit air Kali Comal kali ini hanya berdampak di Desa Pesantren Dukuh Sidomulyo.”Air luapan Kali Comal menggenangi wilayah tersebut meskipun hanya sedikit,”ujar Camat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTR) Sudaryono mengatakan bendung Sokawati yang membendung Kali Comal airnya melimpas sampai 350 centimeter (cm) pada pukul 20.00. Posisi tersebut mendekati status siap yaitu saat limpas 400 cm.

“Pada pukul 21.29 limpas sudah turu menjadi 250 cm dengan debit air 588.223 liter/detik dengan status aman,”kata Sudaryono.

Kali Comal ini debitnya naik sejak Jumat sore dan di beberapa wilayah terutama pada aliran yang membelok terjadi luapan. Salah satunya terjadi di daerah Purana, Kecamatan Bantarbolang. Di sana air meluap menggenangi jalan masuk jembatan Purana.(K40)

BERITA LAINNYA