Take a fresh look at your lifestyle.

Ketua DPRD : Hentikan Pembongkaran Taman Pancasila!!!!

264

TEGAL – Ketua DPRD Kota Tegal, Kusnendro meminta kepada Pemkot Tegal untuk menghentikan sementara pembongkaran Taman Pancasila di Jalan Pancasila tepatnya di depan Stasiun Kereta Api Kota Tegal. Penghentian itu dilakukan untuk berembug soal penempatan sementara dan penempatan permanen pedagang di eks Taman Poci itu.

“Kami berharap penebangan dihentikan terlebih dahulu. Terjadi miskomunikasi pada proses awal karena penebangan tanpa memberitahukan kepada pedagang, sehingga harus duduk bersama,” kata Kusnendro saat tinjau pembongkaran Taman Pancasila, Selasa (28/1).

Dikatakan, duduk bersama itu dilakukan karena para pedagang belum memiliki tempat sementara untuk berjualan, dan belum ada kesepahaman tentang penempatan kembali para pedagang tersebut. Pihaknya berencana mengundang Pemkot Tegal, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim), Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (UMKM dan Pedagangan), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Bappeda serta PDAM.

“Ada harapan dari pedagang untuk direlokasi sementara saat pembangunan taman berlangsung di halaman PDAM,” ujarnya.

Menurut dia, hasil diskusi itu nantinya dijadikan kesepakatan bersama. Kesepakatan itu diantaranya terkait dengan tempat relokasi pedagang sementara, dan penempatan pedagang setelah Taman Pancasila selesai dibangun.

Saat ditanyakan soal status pedagang yang tidak berizin, Kusnendro menjelaskan, para pedagang itu merupakan warga Negara Indonesia dan warga Kota Tegal. Sebagai pemerintah daerah yang merupakan kepanjangan tangan Pemerintah Pusat berkewajiban untuk menyejahterakan masyarakat. Jika para pedagang itu belum menempati sesuatu yang diizinkan, maka Pemkot berkewajiban untuk menyediakan tempat yang tertata baik, aman, nyaman dan rileks.

“Pedagang harus didata untuk mengetahui retribusi yang masuk. Jadi, jelas pemasukan PAD berapa, pedagang juga bisa menghidupi keluarganya, dan pembeli juga nyaman,” tegasnya. (Wiwit/red03)

BERITA LAINNYA