Take a fresh look at your lifestyle.

Kesbangpol Lakukan Penguatan Ideologi Pancasila

53

KAJEN- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jawa Tengah bekerjasama dengan Kesbangpol Kabupaten Pekalongan melakukan Penguatan dan Pengembangan Ideologi Pancasila, dengan menggandeng 40 peserta dari berbagai kalangan baik tokoh masyarakat, ormas atau lembaga swadaya masyarakat (LSM) maupun kelompok masyarakat.
Kepala Kesbangpol Kabupaten Pekalongan Haryanto Nugroho mengatakan, bahwa perlu dipedomani dan ditanamkan dalam hati bahwa dasar negara kita adalah Pancasila, yang merupakan sumber dari segala sumber hukum di Negara Republik Indonesia.
“Pancasila merupakan falsafah bangsa dimana dalam kehidupan sehari hari perlu kita tanamkan nilai nilai nasionalisme, gotong royong dan toleransi antar sesama guna menciptakan kehidupan yang nyaman,rukun dan damai,” katanya Aula Lantai I Setda Kabupaten Pekalongan Sabtu (17/4).
Dalam kehidupan sekarang ini, Pancasila merupakan tonggak sejarah bangsa Indonesia di mana pada perjuangan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah perlu adanya suatu sikap rela berkorban, persatuan dan kesatuan sehingga dalam pembukaan UUD 1945 di situ tercantum atas berkat Rahmat Allah yang maha kuasa dan didorong oleh keinginan luhur sehingga dapat diusir dari bangsa Indonesia.
“Dewasa ini semakin banyak masyarakat kurang peduli terhadap nilai-nilai luhur ideologi Pancasila. Apalagi perusahaan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari dan hak asasi manusia dengan munculnya budaya kekerasan kebebasan tanpa batas dan sikap kedewasaan materi, sehingga banyak orang yang terisolasi dari makna kehidupan itu,” paparnya.
Tidak hanya itu, persaingan antar manusia menjadi semakin sempit ibadah keagamaan dan solidaritas antar sesama hanya ditunjukkan sebagai nilai-nilai gotong royong, dan keadilan sosial dianggap sebagai awal berdirinya negara kesatuan republik Indonesia sudah mengenal bahwa Pancasila adalah ideologi yang mampu mengakomodasi.
“Karena itu bagi kita Pancasila adalah pilihan tepat untuk dijadikan.pandangan hidup dan falsafah bangsa khususnya Jateng sebagai benteng untuk menghadapi ancaman, gangguan dan tantangan radikalisme apabila ditemukan segera melaporkan ke aparat setempat,” ucapnya.
Sementara itu, hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Anggota DPRD Propinsi Jateng Fraksi Gerindra Iskandar Zulkarnaen, Anggota DPRD Propinsi Jateng Fraksi PDIP Albertus Agung Satria Hermawan, dan Anggota DPRD Propinsi Jateng Fraksi PAN Sofan Sumadi. (p08-red))

BERITA LAINNYA