Take a fresh look at your lifestyle.

Kejutan Wali Kota dan ”Ahmad Albar”

154

* Wisuda Periode Genap TA 2018/2019 UPS Tegal

TEGAL – Kejutan menarik terjadi di sela – sela prosesi wisuda 805 lulusan Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, dari tiga jenjang pendidikan. Magister (S2), Strata 1 (S2) dan Diploma 3 (D3).
Itu berawal ketika ada ”Aksi Sawer”, yang dilakukan Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono.

Itu terjadi ketika Wali Kota Tegal didaulat memberikan sambutan di rangkaian acara wisuda tersebut. Kemudian tiba tiba mengungkapkan, ada salah seorang wisudawan dari Fakultas Hukum, bernama Dedy Jaya.

Nama yang mirip dengan sapaan akrab dirinya, dan grup perusahaan milik ayahnya Dr (Hc) Muhadi Setiabudi. Wali Kota yang sebelumnya bertemu dengan orang tua sang wisudawan itu, mendapat jawaban kalau nama tersebut disematkan ke anaknya karena mengidolakan perusahaan otobus (PO) Dedy Jaya.

DRAMA MUSIKAL :  Wakil Rektor III Dr Fajar Ari Sudewo SH MH, saat tampil dalam drama musikal, menendangkan ”Panggung Sandiwara” yang pernah dipopulerkan vokalis God Bles Ahmad Albar. Seorang mahasiswa berlenggak-lenggok, dan beberapa mahasiswa memperagakan cerita sesuai judul lagu yang dibawakan.(Foto : smpantura.com/Riyono Toepra-red07)

Saat wisudawan Dedy Jaya yang telah menyandang gelar Sarjana Hukum didaulat tampil di depan podium, tepuk riuh pun bersautan. Apalagi ketika wali kota menanyakan, mana pacarnya. Suasana auditorium pun kian bergemuruh.

”Saya akan memberikan titipan hadiah dari orang tua saya. Tapi sesuai dengan umur wisudawan ini. Satu tahun dihitung senilai Rp 100.000. Jadi kalau usianya 27 tahun, ya jumlahnya dihitung sendiri ya,” ucap Wali Kota Tegal.

Dedy Jaya SH pun girang tak keruan. Pemuda kelahiran Brebes 12 Juni 1992, berkali ulang dia mengusap wajahnya dengan kedua telapan tangganya, sambil berucap Alhamdulillahi Robbal Alaamiin. Tanda ucapan syukur atas rezeki berupa uang Rp 2,7 juta yang barusan diterima dari Wali Kota Tegal.

”Ya uang ini akan saya sampaikan ke orang tua. Entah mau diapakan, saya tidak tahu. Yang penting, pemberian dari Wali Kota Tegal ini, saya laporkan ke orang tua dulu,” ucap putra pasangan pengusaha mebel di Desa Grinting, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Tarjono-Dairah.

Dia yang telah magang bekerja di Pos Bantuan Hukum (Posbakum) Pengadilan Negeri (PN) Tegal mendampingi advokat Joko Santoso SH, juga tertarik bekerja di Dedy Jaya Group. ”Ya entah nanti di bagian hukum sesuai kompetensi saya, atau apa saya tidak tahu,” ucap Dedy Jaya.

Drama Musikal

Kejutan berikutnya, di acara pamungkas prosesi wisuda tersebut adalah sajian drama musikal. Itu lantaran menyuguhkan adegan rocker gaek God Bles, ”Achmad Albar”, menendangkan tembang legendaris, ”Panggung Sandiwara”. Pelantun tembang itu, diperankan Wakil Rektor III Dr Fajar Ari Sudewo SH MH.

Sedangkan pemusiknya adalah gabungan dosen dan mahasiswa. Antara lain, Wakil Dekan III FKIP yang juga dosen Pendidikan Bahasa Inggris Sumartono SPd MPd (Lead Bass), Dekan Fakultas Teknik Dr Agus Wibowo ST MT (Gitar Akustik), dan dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Noor Zuhry MSi yang memainkan drum.

Ribuan pasang mata yang memadati Auditorium Daryoen Seno Atmodjo, pun terhenyak. Khususnya dengan penampilan advokat yang memang sekilas, parasnya mirip roker dengan sapaan akrab ”Iyek”.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah VI Jateng Prof Dr Dwi Yuwono Puji Sugiharto MPd Kons, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, Ketua Yayasan Pancasakti Dr Imawan Sugiharto SH MH dan Rektor UPS Tegal Dr Burhan Eko Purwanto MHum, serta senat universitas perguruan tinggi itu, memberikan aplaus hangat.

Penampilan mengejutkan dari Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, memang membuat suasana kian hangat seisi auditorium. Terutama dengan sautan tepuk riuh, dan siulan penyemangat dari wisudawan.

Bahkan ada yang menyelutuk, jika toga yang dikenakan Fajar Ari Sudewo di lepas, kemiripan wajah dengan sang roker sesungguhnya akan terlihat padanannya. Apalagi kekuatan suaranya mirip dengan vokalis aslinya.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA