Take a fresh look at your lifestyle.

Kejaksaan Pekalongan Musnahkan Barang Bukti Kejahatan

146

 

PEKALONGAN – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Pekalongan menggelar pemusnahan barang bukti tindak pidana di halaman Kantor Kejari setempat, Selasa (17/9) pagi. Pada kegiatan tersebut, ratusan item barang bukti yang dimusnahkan. Jenisnya sendiri beragam, diantaranya beberapa unit ponsel berbagai merek, berbagai jenis narkoba seperti sabu, ganja, serta obat-obatan terlarang. Ada pula bong atau alat hisap sabu, kalkulator, jam palsu, korek api, alat timbangan digital, kertas rekapan angka togel, kartu remi, dan dompet. Bahkan, ada pula beberapa jirigen tempat air zam-zam palsu juga turut dimusnahkan.

Barang-barang tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar dalam sebuah tong atau drum. Pemusnahan dilakukan sejumlah jaksa, kasi, jajaran pegawai Kejari Kota Pekalongan, Dinas Kesehatan serta anggota Polres Pekalongan Kota yang  diwakili anggota Satuan Reserse Narkoba. Kasi Pengelolaan Barang Bukti Kejari Kota Pekalongan, Heni Agustiningsih SH MH, menjelaskan barang bukti yang dimusnahkan tersebut merupakan barang bukti kasus tindak Pidana Narkoba, Perjudian, UU Kesehatan, dan beberapa pidana lainnya yang telah diputus oleh Pengadilan Negeri (PN) Pekalongan, dan telah memiliki kekuatan hukum tetap atau inkrah.

“Barang bukti yang dimusnahkan dari 47 kasus pidana, sejak Januari – September 2019. Ada berbagai jenis barang bukti. Ada sabu, ganja, obat-obatan, ponsel, ganja, alat timbang digital, serta pulusan jirigen bekas tempat air zam-zam palsu,” terang Heni Agustiningsih. Dikatakan, pemusnahan barang bukti dilakukan dua kali dalam setahun dalam kasus yang sudah berketetapan hukum tetap. Dari barang bukti yang dimusnahkan, kata dia, yang paling banyak berupa barang bukti pil dixtro. Dijelaskan, sesuai dengan Pasal 270 KUHAP jaksa lakukan eksekusi, wujud dari melaksanakan putusan itu selain eksekusi ke Lapas, bayar biaya perkara, juga musnahkan barang bukti yang berdasarkan putusan pengadilan harus dimusnahkan. (Kuswandi/Red9)

BERITA LAINNYA