Take a fresh look at your lifestyle.

Kejaksaan Pekalongan Gelar Sidang Secara Online

183
  • Di tengah Pandemi Virus Corona

PEKALONGAN – Kejaksaan Negeri Pekalongan, menggelar sidang dalam bentuk video conference di tengah pandemi Virus Corona atau Covid-19 dengan menggunakan aplikasi whereby. Salah satunya sidang pidana daring itu dilakukan di aula Kantor Kejaksaan Negeri Pekalongan, Rabu (8/4). Kepala Kejaksaan Negeri Pekalongan, Zaenul Arifin menyatakan, sistem sidang daring dimaksud merupakan terobosan dalam situasi pandemi Virus Corona atau Covid-19, bahkan merupakan perintah langsung dari pimpinan.

Dijelaskan, selama proses persidangan para hakim, jaksa penuntut umum (JPU) dan terdakwa berada di tiga tempat berbeda. Mereka terhubung melalui aplikasi whereby. Untuk majelis hakim berada di ruang sidang di Pengadilan Negeri (PN) Pekalongan, kemudian JPU di aula Kejaksaan Negeri dan para terdakwa mereka tetap berada di Rutan Kelas IIA Pekalongan. Menurutnya, sidang dengan sistem daring ini sudah berlangsung satu pekan, dan ada dua puluh perkara yang sudah disidangkan melalui sidang daring.

Alhamdulillah selama ini prosesnya lancar dan kondusif, baik dari pembacaan dakwaan hingga putusan, termasuk tahap 2 juga dilakukan secara online,” terang Zaenul Arifin ditemui di kantornya, Rabu (8/4). Pihaknya menambahkan, dalam sidang sistem daring dimaksud, pihaknya berkomunikasi dengan pihak Pengadilan Negeri (PN) Pekalongan, Rutan Kelas IIA Pekalongan, sehingga semuanya berlangsung lancar. Sidang melalui video conference akan terus belangsung selama pencegahan virus korona di Indonesia. Disamping itu, lanjut dia, dalam persidangan tetap mengedepankan protokol pencegahan Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah, dimana seluruh jaksa, pegawai, dan saksi yang ikut sidang maupun memasuki kawasan kantor kejaksaan, diwajibkan menggunakan masker, mencuci tangan dan dites suhu tubuhnya.

“Protap menjaga jarak tetap dilakukan, tetapi proses penegakan hukum tetap berjalan sebagaimana mestinya,” tegasnya. Sementara itu, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Pekalongan, Roni Albertus menambahkan, terkait administrasi persidangan tetap mengedepankan protokol pencegahan Covid-19 dan dipercepat. Untuk administrasi terdakwa di Rutan Kelas IIA Pekalongan, staff dari kejaksaan sudah membawa surat kelengkapan sidang ke Rutan. Kemudian, untuk pembacaan surat dakwaan, tuntutan, keterangan saksi, terdakwa maupun putusan dibacakan secara online. (Kuswandi/Red9).

BERITA LAINNYA